H-4 Lebaran, Pergerakan penumpang di Bandara Soetta capai 188 ribu

Agustiyanti
6 April 2024, 15:22
bandara, bandara soetta, lebaran
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/tom.
Ilustrasi.
Button AI Summarize

PT Angkasa Pura II  mencatat, jumlah pergerakan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) hingga  Sabtu (6/4) atau H-4 Lebaran mencapai 188.000 orang. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi hari ini, Sabtu (6/4). 

"Hari ini menjadi puncak arus mudik. Kita prediksi hari ini ada 1.200 penerbangan, lalu dengan total penumpang 188 ribu penumpang," kata Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda di Tangerang, Sabtu (06/04), seperti dikutip dari Antara. 

Dwi mengungkapkan, kepadatan penumpang penerbangan sudah terjadi sejak pukul 08.45 WIB. Para penumpang, antara lain memadati sekitar area check in Pelita Air dan Garuda Indonesia. 

Meski demikian, menurut dia, sejumlah langkah antisipasi untuk mengurai kepadatan terus dilakukan, baik oleh Angkasa Pura II maupun oleh pihak maskapai. Salah satu langkahnya adalah dengan membentuk tim yang dikepalai sesuai dengan job desk masing-masing.

"Sehingga, 4 jam sebelum terjadi kepadatan mereka sudah di posisi masing-masing. Jadi tadi kita lihat, tidak ada keterlambatan petugas di posisinya," katanya.

Ia. memperkirakan, kepadatan di Bandara terjadi pada pagi hari untuk penerbangan domestik dan sore hingga malam hari untuk penerbangan luar negeri. "Sore nanti agak landai, nanti malam padat lagi untuk Indonesia bagian timur. Lalu disusul penerbangan internasional pada sore hingga malam hari," kata dia.

Berdasarkan pantauan ANTARA,  terlihat ribuan penumpang tampak memadati area Check In Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Kepadatan penumpang terjadi di area check ini penerbangan domestik, seperti di area Pelita Air, Citilink dan Garuda Indonesia. 

Indri (28), salah satu calon penumpang mengaku bahwa dirinya akan melakukan penerbangannya pada pukul 15.00 WIB. Namun, dia bersama keluarganya sudah ikut antrean mengular sejak pagi pukul 10.00 WIB agar bisa check in.

"Agar tidak terlambat, saya ikut antrian sejak tadi pagi. Ternyata kondisinya raiam sekali di setiap conter itu," ucapnya.

Sementara terlihat, petugas maskapai mengatur antrean agar tidak menutup lajur pejalan. Ada juga petugas yang membantu self check in bagi mereka yang tidak membawa bagasi.


Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...