Menteri PUPR Targetkan Jaringan Air Minum di IKN Rampung Juni

Agustiyanti
16 April 2024, 13:47
IKN, IKN nusantara, ASN
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Ilustrasi. ASN ditargetkan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur setelah upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus tahun ini.
Button AI Summarize

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan air minum harus sudah terdistribusi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Juni tahun ini. Aparatur Sipil Negara atau ASN ditargetkan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur setelah upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus tahun ini.

"Pekan depan saya mau ke IKN untuk melihat progres terakhir, supaya Juni targetnya untuk hal-hal yang krusial di mana target Juni air minum harus sudah masuk," ujar Basuki di Jakarta, Selasa (16/4), seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan, distribusi air minum di IKN penting agar dapat dimanfaatkan ketika pemindahan awal pemerintahan ke ibu kota baru pada tahun ini. "Supaya Juli, air minum sudah bisa kita manfaatkan untuk kepindahan ke IKN," katanya.

Berdasarkan Lampiran Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2022 tentang Perincian Rencana Induk Ibu Kota Nusantara, prinsip dasar infrastruktur air di IKN yakni pengelolaan sumber daya air bertujuan untuk menyediakan akses air minum, air untuk kebutuhan ekonomi dan lingkungan, perlindungan sumber air dari polusi-termasuk melalui sanitasi yang aman dan berkelanjutan, serta pengurangan risiko banjir dalam satu sistem pengelolaan air terpadu.

Basuki menjelaskan, ASN pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur setelah upacara HUT pada Agustus tahun ini. "Kalau untuk ASN sendiri, rencananya akan digelar Upacara Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN, dan baru setelah itu ASN pindah ke IKN," ujar Basuki di Jakarta.

Basuki mengun kepindahan ASN setelah HUT RI, karena hunian serta bangunan kantor di IKN akan terlebih dahulu digunakan bagi petugas yang akan melaksanakan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN.

Halaman:
Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...