Jalur MRT Berpeluang Diperpanjang hingga Tanggerang Selatan

Andi M. Arief
17 April 2024, 18:08
MRT, MRT jakarta, tangsel
ANTARA FOTO/Rina Nur Anggraini/wpa/tom.
Seorang pengunjung melihat gambaran proyek MRT Jakarta Fase 2A di Galeri MRT Jakarta, Selasa (9/1/2024). Galeri MRT Jakarta tersebut menyajikan sejumlah penemuan benda kuno di lokasi proyek MRT Jakarta Fase 2A serta miniatur konstruksi proyek MRT Jakarta Fase 2A termasuk Stasiun Kota yang akan terintegrasi dengan Stasiun Jakarta Kota Commuter Line.
Button AI Summarize

PT MRT Jakarta membuka peluang untuk memperpanjang jalur rel ke Tangerang Selatan dari Stasiun MRT Jakarta Lebak Bulus. Namun, kajian terkait peluang perpanjangan jalur tersebut baru akan dimulai pada awal tahun depan.

Direktur Utama MRT Jakarta Tuhiyat menjelaskan, akan fokus dalam membangun jalur MRT Jakarta di provinsi DKI Jakarta. MRT Jakarta saat ini sedang membangun fase 2A dari Stasiun MRT Jakarta Bundaran HI hingga Jakarta Kota.

Tuhiyat menyampaikan, konstruksi perpanjangan trayek ke Tangerang Selatan akan tergantung pada anggaran pemerintah daerah terkait. Walau demikian, ia mengakui pihaknya masih menyimpan rencana tersebut.

"Kami mendorong semua rencana untuk perjalanan connecting supaya efisien," kata Tuhiyat di Stasiun MRT Jakarta Bundaran HI, Rabu (17/4).

 Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek mengusulkan perpanjangan jalur dari Stasiun MRT Jakarta Lebak Bulus hingga Rawa Buntu, Tangerang Selatan pada 2019. Namun, kajian rencana tersebut belum kunjung terselesaikan sampai saat ini.

Tuhiyat mengatakan, konstruksi perpanjangan jalur berpotensi  cenderung lebih cepat dibandingkan konstruksi fase 2A yang rampung pada 2029. Walau demikian, Tuhiyat tidak merincikan kapan konstruksi perpanjangan trayek ke Tangerang Selatan rampung. 

"Kalau perpanjangan jalur MRT Jakarta ke Tangerang Selatan menggunakan skema elevated, konstruksinya akan relatif lebih cepat," ujarnya.

Proyek MRT Jakarta fase 2A akan menghubungkan Stasiun MRT Jakarta Bundaran HI dan Jakarta Kota. Tuhiyat memproyeksikan konstruksi fase 2A hingga Stasiun MRT Jakarta Monas rampung pada 2027. Menurutnya, konstruksi Stasiun MRT Jakarta Bundaran HI sampai Stasiun MRT Jakarta Monas telah mencapai 74%.

Adapun, total perkembangan konstruksi MRT Jakarta fase 2A baru mencapai 33,36% dan dijadwalkan rampung akhir 2029. Konstruksi Stasiun MRT Jakarta Monas sampai Stasiun MRT Jakarta Mangga Besar baru 28% dan pengerjaan hingga Stasiun MRT Jakarta Monas sebesar 50%.

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...