WEF: Utang Global Tak Pernah Sebesar Ini Sejak Perang Napoleon

Agustiyanti
29 April 2024, 06:46
utang global, utang dunia
Fauza Syahputra|Katadata
Ilustrasi. Tingkat utang global telah mencapai 100% terhadap PDB.
Button AI Summarize

Presiden World Economic Forum Borge Brende memperingatkan rasio utang global mendekati level yang belum pernah terjadi sejak 1820-an atau era Perang Napoleon. Dunia akan menghadapi pertumbuhan yang rendah selama satu dekade jika langkah-langkah ekonomi yang tepat tak diterapkan. 

"Kita harus mengatasi situasi utang global. Kita belum pernah melihat utang seperti ini sejak Perang Napoleon yang mendekati 100% PDB global,” ujar Brende yang berpidato dalam pertemuan di Riyadh, Arab Saudi, seperti dikutip dari CNBC. 

Dia mengatakan, pemerintah perlu mempertimbangkan cara mengurangi utang dan mengambil langkah-langkah fiskal yang tepat tanpa terjebak dalam situasi yang memicu resesi. Kondisi utang saat ini memicu kekhawatira perlambatan ekonomi global di beberapa negara dan risiko stagflasi atau inflasi tinggi di tengah stagnansi ekonomi seperti yang terlihat pada era 1970-an.

Brende memperkirakan pertumbuhan ekonomi global mencapai 3,2% pada tahun ini.  Meski tidak buruk, pertumbuhan ini berada di bawah tren selama satu dekade yang berada di kisaran 4%.

Ia juga menilai bahwa risiko terbesar bagi perekonomian global saat ini adalah “resesi geopolitik yang kita hadapi,” menyoroti ketegangan Iran-Israel baru-baru ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...