Produsen Motor Listrik Cina Bangun Pabrik di Karawang

Agustiyanti
13 Mei 2024, 17:33
yadea, motor listrik
ANTARA/Pamela Sakina
Seremoni peletakan batu pertama untuk pembangunan pabrik Yadea di kawasan Karawang, Jawa Barat, Senin (13/5/2025).
Button AI Summarize

Produsen sepeda motor listrik asal Cina, PT Yadea Teknologi Indonesia mulai membangun pabrik di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat. Pabrik yang akan dibangun di lahan seluas 27 hektare ini ditargetkan memproduksi 3 juta unit motor listrik per tahun. 

"Kami akan menghadirkan kendaraan motor listrik yang bisa diandalkan dan mudah dalam perawatan," ujar General Manager Perusahaan Manufaktur Yadea Indonesia Wang Jinlong, saat peletakan batu pertama pembangunan pabrik sepeda motor listrik di Karawang, Senin (13/5). 

Ia menjelaskan, produksi sepeda motor listrik sebanyak 3 juta unit akan menjadi langkah strategis untuk 
memenuhi permintaan yang terus meningkat terhadap kendaaan listrik. Menurut dia, pabrik baru Yadea di Karawang akan mengintegrasikan teknologi produksi mutakhir, menampilkan sistem konveyor gantung perintis untuk produksi real-time, dan sesuai permintaan. 

Jinlong mengatakan, pihaknya juga mempunyai satu teknologi khusus yang membuat keunggulan terhadap baterai. Ia mengklaim baterai yang digunakan Yadea akan memilik daya pakai yang lebih lama dan waktu charging yang lebih cepat. 

"Rencana di akhir tahun ini kami akan meluncurkan produk-produk unggulan kami," katanya.

Total investasi untuk membangun pabrik motor listrik tersebut mencapai US$150 juta atau setara Rp 2,4 triliun. Wang Jinlong menyampaikan bahwa pihaknya memilih untuk membangun pabrik di Karawang, karena daerahnya yang berdekatan dengan populasi penduduk terbesar di Indonesia, yakni Jakarta dan Jawa Barat.

Selain itu, menurut dia, Karawang memiliki akses jalan yang cukup bagus, karena itu dibutuhkan bagi perusahaan yang bergerak di bidang kendaraan. "Karawang, Jawa Barat ini juga memiliki regulasi yang baik dan cukup mendukung untuk pengembangan kendaraan listrik," kata dia. 

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...