Sandiaga: Orang Asing Bekerja dengan Visa Turis Tak akan Ditoleransi

Andi M. Arief
30 Mei 2024, 11:56
sandiaga, orang asing, turis asing, menparekraf
ANTARA FOTO/Media Center World Water Forum 2024/Nyoman Hendra Wibowo/tom.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan paparan saat High Level Panel sesi ke-7 World Water Forum ke-10 2024 bertema The role of the Private Sector in Meeting Goals of Sustainable Development Goal 6 (SDG6) di Bali Nusa Dua Convention Center, Badung, Bali, Rabu (22/5/2024).
Button AI Summarize

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menegaskan pemerintah tidak akan menoleransi orang asing yang bekerja di Indonesia dengan berbekal visa turis. Dia memastikan pemerintah akan bertindak tegas ketika menemukan pelanggaran seperti itu.

"Tidak ada toleransi untuk itu," ujar Sandiaga usai membuka pagelaran budaya Gelar Melayu Serumpun Ke-7 di Istana Maimun, Medan, Rabu (29/5) malam. 

Ia memastikan, pengawasan di daerah-daerah wisata seperti Bali diperketat demi menegakkan keadilan, kenyamanan, keamanan dan keberlangsungan ekonomi masyarakat setempat.  Pemerintah Provinsi Bali telah membentuk satuan tugas untuk menangani wisatawan yang datang dan bekerja di Pulau Dewata tanpa mengantongi izin kerja. 

Satgas tersebut beranggotakan organisasi perangkat daerah, imigrasi dan kepolisian. Dalam kesempatan sama, Sandiaga Uno juga menanggapi kritikan dari Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri soal pariwisata di Bali.

"Kalau ada pelanggaran, peraturan wajib ditegakkan. Sanksi mesti diberikan, kalau perlu dideportasi," kata Sandiaga.

Dalam Rapat Kerja Nasional PDIP pada 26 Mei 2024, Megawati menyampaikan keluhannya soal pariwisata Bali yang disebutnya cenderung tidak terkendali. Menurut dia, banyak kafe yang disebutnya berpotensi menjadi lokasi peredaran narkoba.

Sandiaga menilai, apa yang disampaikan Megawati merupakan masukan yang konstruktif untuk perkembangan pariwisata nasional. "Ibu Megawati adalah ibu bangsa yang sangat peduli terhadap pariwisata Indonesia, bukan hanya di Bali. Apa yang disampaikan beliau menjadi PR  untuk membawa pariwisata nasional menjadi lebih baik," tutur Wakil Gubernur Jakarta periode tahun 2017-2018 itu.

Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...