Benarkah IKN Sudah Siap untuk Upacara HUT RI 17 Agustus 2024?

Agustiyanti
7 Juni 2024, 12:16
IKN Nusantara, IKN , HUT RI
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.
Ilustrasi. Perayaan HUT RI ke-79 akan dilaksanakan di IKN Nusantara untuk pertama kalinya pada 17 Agustus 2024.
Button AI Summarize

Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024 akan pertama kali dirayakan di ibu kota negara baru, IKN Nusantara.  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan IKN siap untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI.

"Secara keseluruhan sudah bisa dinyatakan siap, saya kira 90%. Nanti Juli Bapak Presiden RI akan ke IKN lagi untuk melakukan pengecekan final," ujar Basuki, di Jakarta, seperti dikutip dari Antara. 

Basuki mengatakan, Jokowi mengecek satu per satu seperti lokasi dan tata urutnya terkait perayaan HUT Kemerdekaan RI di IKN. Menurut dia, sutradara untuk HUT Kemerdekaan RI di IKN adalah Wishnutama Kusubandio dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Sudah dicek satu per satu oleh Bapak Presiden RI, satu per satu dicek karena sutradaranya itu Bapak Wishnutama dengan Bapak Menteri Sekretaris Negara. Jadi semua sudah siap, panggungnya kayak apa, tendanya kayak apa supaya kelihatan istana dan kantor presiden, di mana tata urutannya insya Allah sudah siap," ujarnya.

Basuki juga menyampaikan bahwa akan terdapat 12menara rumah susun (rusun) ASN di IKN sudah fully furnished  yang dapat digunakan para peserta upacara. Rumah tapak jabatan menteri segera rampung sehingga bisa ditempati. Demikian pula dengan Istana Presiden.

Ia mengatakan, Kepala OIKN periode 2022-2024 Bambang Susantono dan Wakil Kepala OIKN periode 2022-2024 Dhony Rahajoe juga diundang untuk HUT Kemerdekaan RI di IKN pada 17 Agustus 2024 meski sudah mengundurkan diri.  "Kemarin diundang," katanya pula.

Belum Ada Hotel di IKN

Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia atau PHRI menyebut, belum ada hotel yang beroperasi di IKN Nusantara hingga 17 Agustus 2024. Asosiasi memproyeksikan para peserta upacara akan bermalam di Balikpapan dan Samarinda sebelum ke IKN pada pagi peringatan Hari Kemerdekaan.

Sekretaris Jenderal PHRI Maulana Yusran mengatakan, mayoritas peserta upacara 17 Agustus 2024 di Nusantara merupakan pejabat negara atau orang penting. Namun, Maulana memproyeksikan semua jenis hotel di Balikpapan dan Samarinda akan penuh menuju Hari Kemerdekaan tahun ini.

"Peningkatan okupansi hotel di Balikpapan dan Samarinda sudah terjadi saat ini, karena orang akan melakukan pemesanan kamar hotel jauh-jauh hari," kata Maulana kepada Katadata.coid, Kamis (6/6).

Maulana menilai, okupansi hotel di Kalimantan Timur menjadi yang tertinggi secara nasional sejak pengerjaan proyek IKN. Walau demikian, Maulana tidak memerinci lebih jauh okupansi hotel di Balikpapan dan Samarinda menuju 17 Agustus 2024.

Presiden Joko Widodo sebelumnya berjanji jalan tol yang akan menghubungkan IKN Nusantara dengan Balikpapan dan Samarinda rampung pada awal Agustus 2024. Ia menyebut, waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan dari Balikpapan menuju IKN akan terpangkas dari saat ini mencapai 2 jam menjadi hanya sekitar 30 menit. 

"Jangan membayangkan sekarang, karena jalan tol Balikpapan-IKN belum jadi. Kalau nanti sudah jadi, lurus ke Balikpapan kira-kira hanya 34 menit," ujar Jokowi.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...