Super Air Jet Buka Rute Penerbangan Baru Surabaya - Berau

Tia Dwitiani Komalasari
15 Juni 2024, 14:44
Pesawat Super Air Jet
Instagram @superairjet
Pesawat Super Air Jet
Button AI Summarize

Super Air Jet membuka rute baru yang menghubungkan Surabaya dan Berau PP. Momen ini menandai langkah penting dalam peningkatan konektivitas udara di Indonesia khususnya antara Jawa Timur dan Kalimantan Timur.

Rute Surabaya - Berau PP akan melayani penumpang setiap hari dengan pesawat bermesin jet Airbus A320 yang membuka akses yang lebih luas bagi masyarakat kedua wilayah.

Kepala BLU Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kalimarau Berau, Ferdinan Nurdin, berharap rute ini dapat meningkatkan mobilitas masyarakat dan memfasilitasi pertumbuhan ekonomi lokal.

 "Kami melihat potensi besar dari penambahan rute baru ini untuk mendorong perkembangan ekonomi, perdagangan, pariwisata, dan sosial di wilayah Berau dan sekitarnya," ujar Ferdinan.

Dia mengatakan, rute penerbangan langsung dari Surabaya akan memudahkan wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata unggulan Kabupaten Berau, seperti Kepulauan Derawan dan Maratua. Selain itu, ini juga akan memberikan dampak positif bagi sektor bisnis dan iklim investasi di Kabupaten Berau.

Buka Peluang Penerbangan Umroh

Presiden Direktur Lion Group, Capt. Daniel Putut, menyampaikan bahwa selain rute baru Surabaya - Berau PP, sebelumnya Lion Group telah mengoperasikan beberapa rute dari Berau seperti ke Samarinda, Balikpapan, dan Jakarta. Di samping itu untuk membuka peluang penerbangan umroh bagi masyarakat Berau dari Bandara Kalimarau sebagai feeder.

Harapan ke depan, rute Surabaya - Berau ini tidak hanya meningkatkan konektivitas, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Berau.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur Kalimatan Timur, Akmal Malik, meminta agar pemerintah Kabupaten Berau dapat menjaga tingkat keterisian penumpang. Dia  juga menghimbau Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kalimarau agar selalu meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan operasional penerbangan.

"Kami mendukung penuh inisiatif ini dan berharap rute baru ini akan berkelanjutan dan berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dan berkontribusi dalam meningkatkan konektivitas udara di Kalimantan Timur," ujarnya.

Bupati Berau, Sri Juniarsih, menyampaikan usulan kepada Lion Group untuk membuka rute baru lainnya dari Berau menuju Makassar, Yogyakarta, dan Denpasar. Menurutnya, perluasan rute penerbangan ini memiliki potensi pasar yang tinggi serta memberikan pilihan perjalanan yang lebih banyak bagi masyarakat Berau.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...