MotoGP Mandalika 2024 Targetkan Perputaran Uang hingga Rp 4 Triliun

Patricia Yashinta Desy Abigail
21 Juni 2024, 19:53
MotoGP mandalika
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/nz
Sejumlah penonton mengangkat tangannya di tribun saat balapan MotoGP Mandalika 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/10/2023).
Button AI Summarize

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengumumkan Mandalika International Circuit di Nusa Tenggara Barat kembali menjadi tuan rumah gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP 2024 yang ketiga kalinya. Acara tersebut menargetkan perputaran uang hingga Rp 4 triliun secara nasional dan Rp 600 miliar untuk perputaran uang daerah.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Pertamina Grand Prix of Indonesian-MotoGP 2024 digelar pada ta27-28 September 2024. Sementara Asia Road Racing Championship (ARRC) pada 26-28 Juli 2024 dan merupakan kedua kalinya di selenggarakan di Mandalika.

Erick menyampaikan, penyelenggaraan ini bukan hanya sekedar ajang balap motor kelas dunia. Tetapi menjadi peluang besar bagi Sport Tourism di Indonesia, yang berpotensi menjadi penyumbang devisa yang signifikan bagi negara.

"Ini sekaligus memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat dan perekonomian lokal, serta mengukuhkan posisi The Mandalika sebagai “The Ultimate Lifestyle Sportstainment Destination," ujar Erick dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (21/6).

Pada tahun 2023 gelaran MotoGP telah memberikan multiplier effect besar bagi masyarakat sekitar. Event ini meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional sebesar Rp 4,3 triliun. Adapun dengan perputaran uang sebesar Rp 914 miliar dan penyerapan tenaga kerja sebanyak 2.136 orang. Bahkan terdapat kelebihan pendapatan naik hingga mencapai 50,5%, dan menarik lebih dari 100 ribu penonton.

Sementara itu, Direktur Utama InJourney Dony Oskaria menyebutkan bahwa pada tahun ini, InJourney bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan.

“Penyelenggaraan ini sangat penting untuk menunjukkan komitmen Indonesia dalam menciptakan pariwisata yang berkelanjutan," ujar Dony.

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...