Layanan Peti Kemas Pelindo Regional 4 Naik 11% Imbas Pembangunan IKN

Safrezi Fitra
29 Juni 2024, 12:02
Layanan Peti Kemas Pelindo Regional 4 Naik 11% Imbas Pembangunan IKN
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/tom.
Ilustrasi peti kemas
Button AI Summarize

Layanan peti kemas PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 sepanjang tahun ini hingga Mei mengalami peningkatan sekitar 11 persen. Peningkatan layanan peti kemas ini seiring dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis mengatakan realisasi jumlah arus peti kemas sampai dengan Mei 2024 naik 11 persen dibandingkan capaian di periode yang sama tahun lalu, yaitu sebanyak 978.771 TEUs (Twenty-Foot Equivalent Units).

Peningkatan ini terutama disebabkan meningkatnya aktivitas bongkar muat peti kemas milik Meratus Line di Pelabuhan Makassar akibat naiknya permintaan barang konsumsi menjelang lebaran di wilayah Makassar. Sejak Mei 2024 Meratus Line juga telah melakukan kegiatan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Parepare.

Kenaikan arus peti kemas juga disumbang dari pelabuhan di sekitar IKN, yaitu Terminal Petikemas Kaltim Kariangau Terminal atau KKT di wilayah Pelabuhan Balikpapan dan TPK Palaran di wilayah Pelabuhan Samarinda.

"Kenaikan tersebut sejalan dengan meningkatnya kegiatan proyek di IKN,” kata Abdul Azis dalam siaran persnya, Jumat (28/6).

Hingga Mei, Pelindo Regional 4 mencatat jumlah arus kapal yang keluar dan masuk di semua pelabuhan kelolaan sebanyak 35.611 call. Jumlah itu mengalami pertumbuhan sekitar 7 persen dibandingkan dengan jumlah arus kapal pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara realisasi pertumbuhan arus barang non peti kemas, hingga periode Mei 2024 juga mengalami pertumbuhan sebesar 83 persen atau menjadi 33.720.681 ton per m3 dibandingkan capaian kinerja pada periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan ini terutama disebabkan meningkatnya produksi kerja sama bongkar muat batu bara pada Terminal Khusus Bayan Resources di Pelabuhan Balikpapan dan Pelabuhan Samarinda.

Untuk layanan penumpang, hingga Mei tahun ini Pelindo Regional 4 mencatat realisasi  arus jumlah penumpang mencapai 2.937.234 orang. Jumlah ini meningkat sekitar 11 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Pertumbuhan arus jumlah penumpang hingga Mei tahun ini terutama disebabkan meningkatnya aktivitas mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah menggunakan kapal laut pada Pelabuhan Ambon, Makassar, Balikpapan, Manado, dan Pelabuhan Parepare,” kata Abdul Azis.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...