Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Diresmikan, JORR 2 Sepenuhnya Terhubung

Agustiyanti
10 Juli 2024, 11:17
jalan tol cimanggis-cibitung, jalan tol, JORR 2
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/Spt.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (tengah) Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan) dan Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin (kiri) jalan bersama saat peresmian ruas Tol Cimanggis-Cibitung di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7/2024). Jalan tol sepanjang 26,18 kilometer, dengan total investasi sebesar Rp10,6 triliun itu merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang melengkapi jaringan jalan bebas hambatan di kawasan Jabodetabek.
Button AI Summarize

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung akhirnya diresmikan oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin pada Selasa (9/7). Dengan rampungnya proyek Strategis Nasional ini, jaringan Jalan Tol  Jakarta Outer Ring Road atau JORR 2 sepenuhnya telah terhubung. 

Jalan tol Cimanggis-Cibitung sebelumnya beroperasi sebagian sepanjang 6,53 Km, dimulai dari Seksi 1A Segmen Cimanggis Junction - On/Off Ramp Jatikarya hingga Seksi 2A Segmen On/Off Ramp Jatikarya – Simpang Susun Cikeas. Pembangunan dimulai sejak 2016b dan  melintasi 4 wilayah yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi. Peresmian dilakukan seiring rampungnya konstruksi dari Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas-Junction Cibitung sepanjang 19,65 Km sehingga tol telah tersambung penuh.

"Setelah Jalan Tol Cimanggis - Cibitung beroperasi penuh, jaringan Jalan Tol JORR 2, telah utuh tersambung sepanjang 111 km, mulai dari Cengkareng – Kunciran – Serpong – Cinere – Jagorawi – Cimanggis – Cibitung hingga Cilincing," demikian keterangan pers manajemen PT Cimanggis Cibitung Tollway dikutip Rabu (10/7). 

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 KM merupakan proyek strategis nasional yang dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways selaku pemegang hak konsesi jalan tol. Biaya investasinya mencapai Rp10,6 Triliun.

Perusahaan berharap tersambungnya JORR 2 secara penuh dengan rampungnya Jalan Tol Cimanggis-Cibitung diharapkan menjadi akses penghubung dari wilayah Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi. Operasional jalan tol ini juga diharapkan  meningkatkan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter dan logistik menuju kawasan industri Cikarang, Cibitung, dan Cilincing. Kehadiran jalan tol ini semakin menambah kapasitas jalan di wilayah yang dilaluinya.

Jalan tol ini juga akan meningkatkan kelancaran pergerakan baik komuter maupun logistik kawasan-kawasan industri besar di Jabodetabek, diantaranya kawasan industri Sentul, Cikarang, Cibitung, dan Cilincing.

Adapin jalan yol ini juga terkoneksi dengan Jalan Tol Trans Jawa Ruas Jakarta – Cikampek, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Patimban, Bandara Soekarno – Hatta, dan Bandara Kertajati sehingga menjadi ruas alternatif dan solusi mengurangi travel time akibat kemacetan/kepadatan lalu lintas dari Ruas Tol Cikampek yang menuju Jakarta, Bogor, Tangerang, dan sekitarnya.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...