Tol Akses IKN Beroperasi Fungsional, Tamu Upacara HUT RI Bisa Lewat

Andi M. Arief
11 Juli 2024, 15:30
IKN Nusantara, ikn, tol akses ikn
Miyuaja/Twitter
Ilustrasi.
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan mengoperasikan Jalan Tol Akses Ibu Kota Nusantara pada bulan depan agar Upacara HUT Indonesia ke-79 dapat dihadiri tamu undangan. Jalan bebas hambatan tersebut akan memangkas waktu tempuh dari  Balikpapan ke IKN yang semula membutuhkan waktu 120 menit jika menggunakan jalan daerah menjadi 70 menit.

Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Imam S Ernawi mengatakan, empat seksi Tol Akses IKN yang akan terhubung pada bulan depan adalah 3A, 3B, 5A, dan 6. Namun Imam mengatakan Tol Akses IKN sepanjang 33,17 kilometer belum terintegrasi dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

"Tol Akses IKN tersambung mulai dari Karangjoang atau setelah keluar dari Tol Balikpapan-Samarinda Kilometer 11. Nanti masuk jalan daerah di Kariangau, Balikpapan sebelum masuk Tol Akses IKN," kata Imam dalam konferensi pers virtual, Kamis (11/7).

Imam menyampaikan, seksi 6 tol akses IKN akan terhubung dengan jalan daerah menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN. Secara perinci, penggunaan Tol Akses IKN akan melewati Jembatan Pulau Balang dan Bandara VVIP IKN sebelum tiba di IKN.

Oleh karena itu, Imam menyampaikan sebagian tamu undangan Upacara 17 Agustus 2024 dapat menginap di Balikpapan. Namun Imam menekankan lokasi akomodasi tamu undangan akan ditetapkan oleh panitia Upacara 17 Agustus 2024.

"Sebab, teman-teman itu bisa saja pulang-balik antara IKN dan Balikpapan," ujarnya.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga sebelumnya mengatakan, pemerintah menargetkan hanya satu jalur yang dapat beroperasi pada Agustus 2024. Jalan ini terdiri dari dua jalur, dengan masing-masing hanya satu lajur.

Danis menargetkan, jalur kedua Jalan Tol Akses IKN baru rampung pada Desember 2024. Tol ini adalah Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km.

Jalan Tol Akses IKN Seksi 6A, 6B, dan 6C dapat dioperasikan secara fungsional pada Agustus 2024. Dengan kata lain, jalan bebas hambatan tersebut belum diaspal, tapi sudah dapat dilalui.

"Prinsipnya, kami ada dua target. Semua jalan tol utama berfungsi fungsional sebagian pada Agustus 2024, dan rampung total pada Desember 2024," katanya.


Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...