14 Rumah Menteri di IKN Siap Dihuni saat HUT Kemerdekaan RI

Agustiyanti
11 Juli 2024, 19:30
ikn, rumah menteri ikn
ANTARA/Muzdaffar Fauzan
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono berswafoto di rumah dinasnya di IKN, Kalimantan Timur. ANTARA/Muzdaffar Fauzan.
Button AI Summarize

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan 14 Rumah Tapak Jabatan Menteri siap dihuni saat perayaan 17 Agustus di Nusantara, Kalimantan Timur. Total terdapat 36 unit rumah tapak untuk para menteri dan pemimpin lembaga yang disiapkan di ibu kota baru. 

"Sebanyak 14 unit Rumah Tapak Menteri tersebut yang disiapkan tersebut berada di Persil 105," ujar Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Imam Santoso Ernawi dalam konferensi pers daring di Jakarta, Kamis.

Imam menjelasakan, pihaknya telah menyiapkan seluruh kebutuhan rumah tapak tersebut, termasuk furniture. Sebanyak empat rumah saat ini telah siap, sedangka  10 rumah tapak menteri lainnya ditargetkan siap pada bulan ini. "Ini semuanya tentunya kita siapkan, termasuk furnitur yang ada di dalamnya," kata Imam.

Ia menjelaskan, progres pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di IKN secara keseluruhan per 4 Juli telah mencapai 94,65 persen.pembangunan rumah jabatan menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah sesuai dengan konsep compact city.

Rumah dengan konsep compact city umumnya menekankan pada perencanaan lingkungan tempat tinggal yang terintegrasi dengan beberapa prinsip, seperti efisiensi lahan, aksesibilitas, dan gaya hidup berkelanjutan.

Rumah menteri di IKN memiliki luas tanah sekitar 1.000 meter persegi dengan luas bangunan sekitar 500 meter persegi, dan terdiri atas dua lantai. Kementerian PUPR hingga saat ini sedang menyelesaikan 36 rumah jabatan menteri di IKN yang terbagi di dua kawasan, yakni 24 unit rumah di persil 104 dan 12 unit di persil 105.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...