PUPR Siapkan Rusun ASN di IKN untuk Akomodasi Tamu Upacara 17 Agustus

Andi M. Arief
12 Juli 2024, 19:44
IKN Nusantara, IKN
Miyuaja/Twitter
Ilustrasi.
Button AI Summarize

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berencana menempatkan tamu undangan Upacara 17 Agustus 2024 di Rumah Susun ASN. Total kapasitas Rusun ASN yang dapat dioperasikan pada bulan depan mencapai 864 unit yang berada pada 12 menara.

Adapun satu unit rusun ASN memiliki tiga kamar dengan total luas per unit 98 meter persegi. Sebuah menara Rusun ASN mencapai 12 lantai yang diisi enam unit per lantai.

"Saya belum tahu tamu Upacara 17 Agustus 2024 ditempatkan di mana, tapi kami sudah menyiapkan Rusun ASN agar bisa digunakan tamu tersebut," kata Kepala Biro Komunikasi Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja di kantornya, Jumat (12/7).

Selain rusun, Endra mengatakan sebagian Hotel Nusantara dapat beroperasi dan menampung sebagian tamu Upacara 17 Agustus 2024. Hotel Nusantara dirancang memiliki 191 kamar dan ditargetkan beroperasi penuh pada Agustus 2024.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga sebelumnya mengatakan, tamu Upacara 17 Agustus 2024 dirancang untuk menginap di Balikpapan.

Danis mengatakan, akses jalan tol dari Balikpapan ke Nusantara akan beroperasi secara fungsional menghadapi Upacara Hari Kemerdekaan di IKN. Menurutnya, Tol Balikpapan-Nusantara yang dapat digunakan pada Agustus 2024 adalah seksi 3A, 3B, dan 5A.

Tol Balikpapan-Nusantara harya dioperasikan satu lajur dengan total tiga lajur. Danis mencatat, Tol Balikpapan-Nusantara dapat memangkas waktu tempuh ke Nusantara dari 2,5 jam menjadi 70 menit.

"Kalau lewat jalur jalan provinsi waktu tempuh ke Nusantara sekitar 2,5 jam. Kalau lewat sebagian jalan tol yang kami fungsionalkan hanya antara 1-1,5 jam," ujarnya.

Danis melaporkan, upacara Hari Kemerdekaan di Nusantara akan berlangsung di lapangan depan Istana Kepresidenan. Menurutnya, perkembangan konstruksi lapangan tersebut telah mendekati 100%.

Ia mencatat beberapa komponen lapangan yang telah rampung adalah pemasangan rumput dan pemasangan tiang bendera. "Saat ini pengerjaan tinggal mengaspal jalan di depan Istana Kepresidenan," ujarnya.

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...