Pengusaha Ritel soal Pindah Ibu Kota: Kami Bahaya jika Jakarta Sepi

Andi M. Arief
17 Juli 2024, 15:48
IKN, IKN Nusantara, pengusaha ritel, ritel
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Ilustrasi. Para peritel akan mulai masuk ke IKN, tetapi menunggu pusat perbelanjaan berdiri di ibu kota baru
Button AI Summarize

Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia atau Hippindo menilai, Jakarta masih akan menjadi andalan dalam memupuk omzet meski ibu kota negara atau IKN akan pindah ke Kalimantan. Sekitar 40% omzet perusahaan-perusahaan ritel saat ini berada di Jakarta. 

"Akan berbahaya bagi kami kalau Jakarta sepi," kata Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah  di Balai Kota Jakarta, Rabu (17/7).

Budiharhjo mengatakan, pihaknya akan berupaya meningkatkan daya tarik Jakarta sebagai pusat perbelanjaan. Dengan demikian, banyak orang daerah yang akan tertarik mengunjungi Jakarta. 

Di sisi lain, menurut dia, para peritel juga akan mulai masuk ke IKN. Namun, hal ini tentu menunggu pusat perbelanjaan berdiri di ibu kota baru. Adapun peritel yang berbisnis di IKN dalam waktu dekat masihdalam skala kecil, seperti food truck. 

"Kalau sudah ada mal yang berdiri, akan kami isi dong. Kami kan penyewa mal," ujarnya.

Budiharjo sebelumnya menjelaskan terdapat rencana pembangunan dua mal di IKN Nusantara. Salah satu mal yang dimaksud adalah superblok milik Pakuwon Group yang bertajuk Pakuwon Nusantara di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN. Pakuwon Nusantara terdiri dari mal, apartemen, dan hotel.

Pakuwon Nusantara mulai dibangun pada November 2023 dengan luas 7,2 hektare dan menelan investasi Rp 5 triliun. Kawasan terintegrasi tersebut berlokasi di Kawasan Sumbu Kebangsaan dan tepat di depan Tugu Titik Nol.

Rencana pembangunan superblok di IKN terdiri dari sebuah pusat perbelanjaan, apartemen, dan 3 hotel. Dengan menggandeng grup Marriott International, proyek Pakuwon Nusantara akan membangun Hotel Four Points by Sheraton. Selain itu, akan ada pusat perbelanjaan, hotel Tribute Portfolio by Marriott, hotel Westin dan ballroom.

Konsep pembangunan pusat perbelanjaan Pakuwon Nusantara ini akan mengusung desain yang menyatu dengan konsep teras langit. Adapun pemandangannya adalah lembah dan sungai yang berada tepat di samping gedung pusat perbelanjaan.

"Saya apresiasi PT Pakuwon yang sudah merancang bangunan seperti yang kita lihat untuk apartemen, hotel, mal," kata Joko Widodo pada tahun lalu.

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...