Pemprov Siapkan Guest House dan Asrama Haji untuk Tamu HUT RI di IKN

Agustiyanti
18 Juli 2024, 17:49
IKN Nusantara, IKN, hut RI
Miyuaja/Twitter
IKN Nusantara
Button AI Summarize

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mencatat, okupansi hotel di Balikpapan telah menembus 90% dan diperkirakan terus meningkat mendekati upacara 17 Agustus 2024. Pemprov saat ini telah menyiapkan rumah tinggal atau homestay hingga asrama haji sebagai tempat menginap para tamu jika hotel tidak bisa memenuhi permintaan.

Sekretaris Daerah Pemprov Kalimantan Timur Sri Wahyuni mengaku, kesulitan mendapatkan kamar hotel di Balikpapan saat ini. Oleh karena itu, Sri memproyeksikan okupansi hotel semua bintan di Balikpapan akan mencapai 100% pada bulan depan.

"Saat ini masyarakat bahkan mulai membuka usaha guest house. Kami juga menyiapkan asrama haji dan berbagai jenis penginapan lain seperti homestay untuk menghadapi lonjakan permintaan bulan depan," kata Sri dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/7).

Ia mencatat, semua ruang pertemuan hotel di Balikpapan juga kini hampir penuh hingga bulan depan. Capaian tersebut sejajar dengan okupansi kamar hotel di Kota Minyak.

Sri mengatakan tingkat okupansi di Samarinda pun telah lebih dari 90% karena diisi pegawai kementerian dan lembaga dari DKI Jakarta. Oleh karena itu, ia khawatir tamu dan petugas dalam Upacara 17 Agustus 2024 di IKN tidak mendapatkan akomodasi.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mencatatkan peningkatan okupansi hotel untuk tamu dan petugas yang menghadiri Upacara 17 Agustus 2024 di IKN. Maka dari itu, ia mengaku sedang berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Balikpapan dan Samarinda untuk memastikan ketersediaan akomodasi untuk tamu dan petugas Upacara 17 Agustus 2024 di IKN.

"Kami siapkan data mulai dari hotel, guest house, dan asrama haji. Itu akan menjadi tempat yang ditinggali pihak terkait dalam penyelenggaraan HUT RI di IKN," katanya.

Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Endra S. Atmawidjaja sebelumnya berencana menempatkan tamu undangan Upacara 17 Agustus 2024 IKN di Rumah Susun ASN. Total kapasitas Rusun ASN yang dapat dioperasikan pada bulan depan mencapai 864 unit yang berada pada 12 menara.

Satu unit rusun ASN memiliki tiga kamar dengan total luas per unit 98 meter persegi. Sebuah menara Rusun ASN mencapai 12 lantai yang diisi enam unit per lantai.

"Saya belum tahu tamu Upacara 17 Agustus 2024 ditempatkan di mana, tapi kami sudah menyiapkan Rusun ASN agar bisa digunakan tamu tersebut," kata Endra di kantornya, Jumat (12/7).

Selain rusun, Endra mengatakan, sebagian Hotel Nusantara dapat beroperasi dan menampung sebagian tamu Upacara 17 Agustus 2024. Hotel Nusantara dirancang memiliki 191 kamar dan ditargetkan beroperasi penuh pada Agustus 2024.


Reporter: Andi M. Arief

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...