Erick Thohir Bertemu CEO Tiktok di Paris, Apa yang Dibahas?

Agustiyanti
27 Juli 2024, 08:33
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) berfoto dengan CEO TikTok Shou Zi Chew (kiri) dan CEO YouTube Neal Mohan, sebagaimana yang diunggah di akun instagram resminya yang bernama pengguna erickthohir.
Instagram/Erickthohir
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) berfoto dengan CEO TikTok Shou Zi Chew (kiri) dan CEO YouTube Neal Mohan, sebagaimana yang diunggah di akun instagram resminya yang bernama pengguna erickthohir.
Button AI Summarize

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menggelar pertemuan dengan  CEO TikTok Shou Zi Chew dan CEO YouTube Neal Mohan di sela-sela Olimpiade di Paris, Prancis. Mereka membahas potensi digital ekonomi Indonesia yang akan mencapai Rp4.500 triliun.

“Saya bicara tentang potensi digital ekonomi Indonesia akan mencapai Rp4.500 triliun dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara,” ujar Erick Thohir, dalam akun Instagramnya pada Jumat (27/7).

Pertemuan tersebut berlangsung saat makan malam di Museum Louvre, Prancis. Erick Thohir mengatakan Mohan dan Chew menyatakan siap untuk mendukung potensi digital yang dimiliki Indonesia. "Mereka juga siap untuk mendorong kreator dalam negeri dengan tetap menjaga kultur Indonesia yang baik ke seluruh dunia,” kata  dia.

Erick Thohir juga menggelar pertemuan dengan Muhammad Yunus, pendiri Grameen Bank dan Lakshmi Mittal, pemilik pabrik baja terbesar kedua di dunia ketika makan malam bersama International Olympic Committee (IOC) di lokasi yang sama.

Ia menjelaskan, Grameen Bank yang didirikan Muhammad Yunus memiliki tujuan untuk memberikan pinjaman skala kecil untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang tidak mampu meminjam dari bank umum. “Konsep ini menjadi inspirasi untuk program yang sudah dijalankan di Indonesia yaitu PNM Mekaar yang saat ini sudah memiliki 15,2 juta nasabah,” kata dia.

Terkait dengan pertemuannya bersama Lakshmi Mittal, Erick Thohir menyinggung bahwa Lakshmi sempat merintis usahanya di Indonesia melalui pembangunan pabrik baja pada 1976. "Sekaligus membantu membuka lapangan pekerjaan di Indonesia,” kata Erick.

Menteri BUMN Erick Thohir yang juga merupakan anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) berkunjung ke Prancis terkait dengan penyelenggaraan Olimpiade Paris 2024. Erick Thohir menyempatkan diri untuk bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino, Presiden Prancis Emmanuel Macron, hingga menghadiri rapat IOC yang ke-142 di Paris, Prancis.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...