Deretan Wisata Sekitar IKN yang Disiapkan untuk Tamu HUT Kemerdekaan RI

Agustiyanti
27 Juli 2024, 12:13
Sandiaga Uno, wisata, IKN
Instagram/@sandiuno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, sejumlah tempat wisata telah disiapkan di sekitar kawasan IKN untuk para tamu yang hadir dalam perayaan HUT RI di Ibu Kota baru itu.
Button AI Summarize

Pemerintah akan menggelar upacara perayaaan Hari Ulang Tahun atau HUT Kemerdekaan RI yang ke-79 di dua tempat,  IKN Nusantara dan Jakarta.  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, sejumlah tempat wisata telah disiapkan di sekitar kawasan IKN untuk para tamu yang hadir dalam perayaan HUT RI di Ibu Kota baru itu. 

"Kami sudah menyiapkan beberapa destinasi wisata di sekitar IKN, sambut HUT ke-79 RI," katanya di sela menghadiri Wonderful Indonesia Co-Branding Forum II, di Jakarta pada Jumat (26/7), seperti dikutip dari Antara. 

Kemenparekraf telah menyiapkan sejumlah wisata, di antaranya Pulau Derawan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Destinasi tersebut memiliki daya tarik panorama alam bawah laut atau terumbu karang.

Objek wisata lain yang telah disiapkan Kemenparekraf yakni Maratua yang terletak di Kabupaten Berau. destinasi wisata bahari itu juga memiliki keindahan bawah laut dam pantai pasir putih termasuk desa wisata lainnya.

"Yang kami siapkan mulai dari Pulau Derawan sampai Maratua, terus dekat desa-desa wisata yang ada di sekitar IKN," ucap katanya.

Selain menyiapkan destinasi wisata, Sandiaga juga mengatakan bahwa Kemenparekraf telah mempersiapkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengisi Galeri UMKM di Sumbu Kebangsaan Ibu Kota Nusantara. Galeri UMKM tersebut akan diisi produk dari berbagai subsektor mulai dari kuliner, kriya, fesyen, musik, film, produk intelectuan property, hingga furnitur.

Sandiaga juga akan berencana memantau kesiapan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 28 Juli 2024 bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Meski begitu, ia masih menunggu jadwal terbaru dari Presiden Jokowi untuk ke IKN. 

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...