Pemerintah Akan Kembalikan Kereta Otonom IKN ke Cina jika Harus Gunakan Sopir

Agustiyanti
10 Agustus 2024, 14:55
kereta otonom, kereta, cina, ikn
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga (kiri) berjalan di depan gerbong kereta otonom di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (6/8/2024). Menurut Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Mohamad Risal Wasal, uji kelayakan jalan kereta otonom tersebut akan berlangsung selama lima hari untuk penyesuaian medan jalan yang dilalui saat perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI.
Button AI Summarize

Pemerintah menguji kereta otonom tanpa rel atau autonomous rail transit di Ibu Kota Nusantara pada hari ini, Sabtu (10/8).  Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Mohammed Ali Berawi menargetkan kereta otonom asal Cina tersebut berfungsi optimal pada Oktober 2024.

“Rencana commission akan dilakukan selama dua bulan, jadi dari Agustus sampai Oktober. Nanti Oktober harus autonomous (tanpa pengemudi),” ujar Ali di IKN pada Sabtu (10/8), seperti dikutip dari Antara

Ali menjelaskan, teknologi kereta otonom membutuhkan waktu untuk menyesuaikan rute perjalanan. Oleh karena itu, masa commission atau uji coba selama Agustus hingga Oktober digunakan untuk memasukkan data terkait rute perjalanan.

“Saat ini atau pada masa uji coba akan menggunakan pengemudi. Dalam beberapa waktu nanti baru direkam sensornya, kemudian pengenalan terhadap rute perjalanan,” ujar Ali.

Menurut dia, kereta dapat beroperasi secara otomatis tanpa menggunakan pengemudi setelah melakukan perekaman rute jalan. Namun pemerintah akan mengembalikan kereta otonom tersebut jika pada Oktober nanti tak biasa berfungsi secara otomatis atau tanpa pengemudi.

“Kalau nggak autonomous, enggak jadi. Kami kembalikan. Benar, saya straight forward. Karena ini klaimnya adalah autonomous, real rapid transit. Ini yang membuat kami berpikir adalah hal bagus. Kami bawa ke sini, kami siap beli,” kata dia.

Untuk pengoperasian kereta otonom pada 17 Agustus yang melayani antar-jemput tamu pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia,  kereta masih akan dioperasikan secara manual atau menggunakan pengemudi.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan M Risal Wasal memastikan bahwa kereta otonom tanpa rel ini siap beroperasi di Ibu Kota Nusantara untuk melayani antar-jemput tamu pada perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kereta otonom ini merupakan moda transportasi massal berbasis listrik yang tidak memerlukan rel konvensional. Kereta ini menggunakan sistem pandu otomatis yang mengikuti marka khusus yang telah terpasang di jalan.

Uji kelaikan kereta melibatkan berbagai pihak, termasuk Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), produsen dari perusahaan China Railway Construction Corporation Limited (CRCC), dan pihak terkait lainnya.

Pada perayaan HUT ke-79 RI, ART dua rangkaian dengan jumlah tiga gerbong per set melayani rute tertentu di kawasan KIPP untuk mengangkut para tamu undangan. Kapasitas maksimal satu rangkaian ART adalah 300 penumpang. Jumlah gerbong dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...