Sisa Dua Bulan Pimpin Kemendag, Zulhas Rombak Jajaran Pejabat Eselon 1

Agustiyanti
15 Agustus 2024, 14:17
kemendag, eselon 1, mendag zulhas, pejabat
Dok. Kemendag
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan melantik tujuh Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Perdagangan dan satu Inspektur Jenderal Kepolisian RI sebagai Pejabat Struktural Eselon I Kemendag yang berlangsung di Kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (14 Agu).
Button AI Summarize

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan merombak jajaran pejabat eselon 1 Kementerian Perdagangan di sisa dua bulan terakhir periode Pemerintahan Presiden Joko Widodo berakhir. Zulhas berpesan kepada para pejabat yang baru dilantik agar waspada, peka, dan responsif dalam menjalankan tugas.

"Dalam keadaan geopolitik dan ekonomi dunia yang tidak baik-baik saja, kita semua harus selalu memiliki kewaspadaan. Artinya, dalam keadaan tidak baik tetap harus selalu waspada dan peka terhadap hal-hal yang terjadi sehingga, kita bisa merespons cepat. Hal itulah yang menjadi tugas saudara-saudara yang baru saja dilantik," ujar Zulkifli melalui keterangan di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, pegawai Kemendag harus mempersiapkan sebaik-baiknya pemerintahan yang akan datang. Menurutnya, pergantian presiden dari Presiden Joko Widodo ke presiden terpilih Prabowo Subianto harus dapat mempersiapkan dasar yang kokoh untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju. 

Berikut daftar pejabat eselon 1 Kemendag yang baru dilantik:

  • Irjen Pol Ahmad Luthfi sebagai Inspektur Jenderal
  • Budi Santoso sebagai Sekretaris Jenderal, sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri
  • Moga Simatupang sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri , sebelumnya Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga
  • Rusmin Amin sebagai Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga,
  • Isy Karim sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, sebelumnya Dirjen Perdagangan Dalam Negeri
  • Mardyana Listyowati sebagai Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional
  • Kasan sebagai Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi dan Fajarini Puntodewi sebagai Kepala Badan Kebijakan Perdagangan.

    Pelantikan inspektur jenderal didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 65/TPA Tahun 2024 tertanggal 29 Mei 2024. Sementara itu, pelantikan ketujuh Pejabat Eselon I lainnya didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 100/TPA Tahun 2024 tertanggal 6 Agustus 2024.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...