Jokowi akan Resmikan Lagi Pembangunan Proyek di IKN, Ada Investasi Cina

Agustiyanti
24 September 2024, 12:03
IKN, IKN Nusantara
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Ilustrasi.
Button AI Summarize

Otorita Ibu Kota Nusantara akan menggelar peletakan batu pertama atau groundbreaking kedelapan di Nusantara, Kalimantan Timur pada Rabu (25/9). Groundbreaking yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo ini mencakup proyek investor asal Cina. 

Staf Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik Troy Pantouw menyampaikan.  groundbreaking ini akan melibatkan satu investor asing murni, dua kemitraan asing, dan dua investor domestik. Menurut dia, investor asing memiliki ketertarikan yang sama besarnya seperti investor lokal untuk berinvestasi di IKN. 

Ia menjelaskan, investor asing yang masuk untuk pertama kalinya ke IKN adalah Delonix Bravo Investment dari Cina. Mereka akan  membangun hotel, apartemen, kantor, dan pusat perbelanjaan.

Groundbreaking juga akan mencakup proyek yang dimiliki dua perusahaan dalam negeri, yaitu Primahotel Manajemen Indonesia yang akan membangun hotel nintang 3, PT Plataran Boga Rasa yang akan membangun benue. Adapula dua perusahaan yang bermitra dengan internasional, Australia Independent School yang akan membangun Sekolah Internasional dari jenjang PAUD hingga SMA, sedamgkan PT Magnum Investment Nusantara yang akan membangun kawasan hunian & komersial.

Tony mengatakan, IKN pada pekan lalu telah meresmikan Swissotel Nusantara serta Groundbreaking Nusantara Mall and Duty Free yang masuk dalam fasilitas penting di Nusantara.

Groundbreaking ke-8 akan diresmikan Jokowi yang sudah berkantor di IKN sejak pertengahan bulan ini. Tony menekankan, Jokowi terus menunjukkan perhatian besar terhadap pembangunan IKN. Ia juga memastikan, dukungan kuat dari pemerintah juga akan berlanjut di bawah pemerintahan Presiden Prabowo Subianto. 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...