Jokowi Berencana Istirahat dan Tidur Dua Pekan di Solo Usai Lengser

Mela Syaharani
11 Oktober 2024, 11:02
jokowi, jokowi pensiun
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Presiden Joko Widodo (tengah) berencana untuk beristirahat usai pensiun pada 20 Oktober 2024.
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo berencana pulang dan istirahat ke solo setelah masa jabatannya selesai. Hal ini diungkapkan oleh Gus Miftah Maulana Habiburrahman dalam acara malam puncak hari ulang tahun pertambangan dan energi ke-79 di Hotel Kempinski, Jakarta pada Kamis malam (10/10).

“Ketika kemarin datang ke pondok, saya tanya kalau sudah pensiun mau kemana? Beliau menjawab, saya pengen istirahat, tidur dua minggu di Solo Gus,” kata Gus Miftah.

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia juga mengatakan Jokowi memang berkeinginan untuk beristirahat setelah selesai menjabat sebagai presiden. Namun saat ditanya kemungkinan Jokowi dilantik sebagai Dewan Pertimbangan Presiden, Bahlil enggan berkomentar.

“Wallahualam Bissawab (Hanya Allah yang lebih mengetahui kebenaran yang sesungguhnya),” kata Bahlil saat ditemui di Hotel Kempinski Jakarta pada Kamis malam (10/10).

Meski enggan berkomentar banyak terkait kegiatan Jokowi setelah lengser, Bahlil memastikan bahwa Jokowi dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto kompak. 

“Tidak ada satu orangpun yang dapat atau berupaya untuk memisahkan hubungan mereka,” ujarnya.

Dia menyampaikan, dua orang ini merupakan pemimpin Indonesia yang sama-sama memiliki visi yang baik, termasuk memiliki kepentingan untuk kesejahteraan negara dan kedaulatan negara.

“Jadi Pak Prabowo dengan Pak Jokowi itu adalah satu kesatuan dalam memimpin kepentingan rakyat bangsa negara,” ujarnya.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno sebelumnya memastikan kehadiran Jokowi pada pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Pelantikan akan dilakukan di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Jakarta pada 20 Oktober mendatang. 

Penjelasan Pratikno itu sekaligus mengoreksi pernyataan Jokowi yang sebelumnya bilang tak akan datang dan mengikuti prosesi pelantikan Prabowo-Gibran di Gedung MPR.

“Pak presiden memang sejak awal sudah mengatakan datang di pelantikan. Jadi pasti Pak Presiden hadir di pelantikan 20 Oktober nanti,” kata Pratikno kepada wartawan di ruang media atau press room Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (8/10).

Menurut Pratikno, Jokowi akan lebih dulu meninggalkan gedung parlemen untuk menuju ke Istana Merdeka Jakarta usai pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Di sana, Jokowi akan menyambut kedatangan Prabowo.  

Jokowi mengatakan, berencana segera pulang ke Solo setelah seremonial pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.  "Tanggal 20 Oktober sore, saya pulang ke Solo," kata Jokowi seusai menyampaikan sambutan agenda BNI Investor Daily Summit di Jakarta Convention Center pada Selasa (8/10). 

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga menyebut kemungkinan dirinya tidak akan menghadiri prosesi pelantikan Prabowo-Gibran di Gedung MPR Senayan Jakarta.

Reporter: Mela Syaharani
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...