Pemerintah Klaim Berhasil Capai Target Digitalisasi 30 Juta UMKM Tahun Ini

Andi M. Arief
14 Oktober 2024, 18:36
umkm, qris, kemenkop ukm
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/Spt.
Perajin membuat boneka rajut di Tanah Abang, Jakarta, Selasa (27/8/2024).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menyatakan jumlah UMKM yang telah melakukan digitalisasi mencapai 32 juta unit. Pemerintah mengklaim berhasil mencapai target digitalisasi sebanyak 30 juta UMKM pada tahun ini.

Deputi Kewirausahaan Kemenkop UKM Siti Azizah mengatakan target itu tercapai sebab total pelaku usaha yang mendaftarkan quick response code Indonesian standard atau QRIS mencapai 32 juta unit. "Sebagian besar UMKM yang mendaftarkan QRIS tidak memiliki akun di lokapasar. Transformasi digital UMKM bukan sekadar masuk lokapasar," kata Siti di kantornya, Jakarta, Senin (14/10).

Pihaknya melakukan digitalisasi tersebut dengan memasukkan produk usaha mikro ke katalog elektronik pemerintah atau e-katalog. Ia berharap pemerintahan selanjutnya mendorong UMKM untuk menggarap sektor riil.

Jumlah Wirausaha

Dalam kesempatan tersebut, Siti mengatakan, dalam tiga tahun pemerintah untuk mencetak wirausaha yang memiliki rencana bisnis jelas di sektor riil. Para pelaku usaha tersebut telah berhasil menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di dalam negeri.

Strategi tersebut menjadi penting agar bisnis para wirausaha baru dapat tetap hidup dan berkembang. Pemerintah berkepentingan mendorong jumlah wirausaha mencapai 4% dari total angkatan kerja atau sekitar 5,7 juta orang dalam waktu dekat.

Persentase itu menjadi syarat sebuah negara dapat mencapai status maju. Tahun ini perkiraannya akan mencapai 3,04% atau 4,9 juta wirausaha. "Butuh sekitar 800 ribu wirausaha lagi untuk mencapai target negara maju. Saya optimistis target itu dapat tercapai," ujarnya. 

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...