Orang-orang Dekat Haji Isam di Kabinet Merah Putih Prabowo - Gibran

Agustiyanti
21 Oktober 2024, 15:07
kabinet merah putih, prabowo, haji isam
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Prabowo Subianto melantik Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Presiden Prabowo Subianto melantik para menteri dan wakil menteri untuk mengisi Kabinet Merah Putih pada Senin (21/10). Beberapa di antaranya diketahui memiliki kaitan dengan Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam. 

Menteri Pertanian Amran Sulaiman

Amran Sulaiman adalah sepupu dari Haji Isam. Ini adalah ketiga kalinya Amran dilantik sebagai menteri pertanian. Ia pernah menjabat sebagai mentan di pemerintahan pertama Presiden Joko Widodo pada 2014-2019 dan dilantik kembali sebagai di akhir periode pemerintahan Jokowi pada Oktober 2023.

Sebelum menjabat sebagai menteri, ia dikenal sebagai pengusaha yang memiliki Tiran Group, konglomerat yang kini menjalankan pertambangan nikel di Indonesia Timur. 

Pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan ini memiliki pendidikan dan pengalaman panjang di bidang pertanian. Ia mengambil gelar sarjana di bidang pertanian, Universitas Hasanuddin Makassar pada 1988 dan memperoleh gelar sarjana pada 1993. Amran kemudian  melanjutkan pendidikannya untuk memperoleh gelar master dan pascasarjana dari universitas yang sama masing-masing pada tahun 2003 dan 2012 dengan subjek yang sama. 

Amran mematenkan berbagai penemuan yang mencakup pengendalian hama. Ia saat ini memegang 5 hak paten dan sempat menjadi dosen di Universitas Hasanuddin. Selain menjadi dosen, ia sempat bekerja di PT Perkebunan Nusantara selama 15 tahun. Amran lantas  mendirikan bisnisnya sendiri yang dimulai  dengan patennya atas racun tikus (bernama "Tiran" sebagai akronim dari Tikus diracun Amran) yang kemudian berkembang pesat. Kini, Tiran Group memiliki sejumlah anak usaha mulai dari pabrik gula hingga tambang emas dan nikel. 

Menteri Perhubungan Dudi Purwagandhi

Dudi Purwagandhi diketahui pernah bekerja di perusahaan milik Haji Isam. Ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Jhonlin Air Transport (JAT) dan Direktur PT Jhonlin Marine Trans pada kurun waktu yang sama yakni 2008-2009.

Jhonlin Air Transport merupakan maskapai penerbangan lokal yang befokus pada wilayah Kalimantan Selatan, sedangkan Johnlin Marine Trans bergerak di bidang pelayaran batu bara. Keduanya merupakan perusahaan milik Haji Isam. 

Karier Dudi dimulai sebagai menjadi staff di PT Tri Usaha Bhakti Truba. Setelah itu, ia menjadi GA Dept. Head di perusahaan yang sama kemudian menjadi Internal Audit di PT Dua Samudera Perkasa sebelum bergabung dengan perusahaan milik Haji Isam. 

Dudy terjun ke dunia politik pada 2018-2019. Ia menduduki posisi Staf Khusus Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Pada Pilpres 2019 lalu, Dudy menjadi Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional Jokowi – Ma’ruf Amin. Ia pun diangkat sebagai Komisaris PLN sejak 2020 hingga terpilih menjadi Menhub. 

Menteri Pekerjaan Umum Dody Hanggodo

Dody Hanggodo juga diketahui memiliki hubungan tidak langsung dengan Haji Isam. Ia pernah menjabat sebagai komisaris di salah satu perusahaan Konglomerat Kalimantan itu.

Dody diketahui pernah menjabat sebagai komisaris PT Pradiksi Gunatama Tbk pada 2017 dan 2018, serta komisaris di  PT Senabangun Anekapertiwi. Kedua perusahaan ini bergerak di sektor perkebunan sawit.

PT Pradiksi Gunatama Tbk, merupakan perusahaan publik milik PT Araya Agro Lestari dan PT Citra Agro Raya. Kedua perusahaan tersebut diketahui merupakan milik  anak dari Samsudin Andi Arsyad alias Haji Isam, yakni Jhony Saputra dan Liana Saputri. Adapun Liana Saputri saat menjabat sebagai Komisaris Utama  PT Pradiksi Gunatama Tbk.

Adapun Senabangun Anekapertiwi diketahui merger dengan Pradiksi Gunatama pada akhir 2022. 

Wakil Menteri Kehutanan Sulaiman Umar 

Sulaiman Umar merupakan adik ipar Haji Isam, suami dari Nor Andi Arinawati Arsyad. Ia marupakan Ketua Tim Pemenangan Daerah (TKD) Prabowo-Gibran di Kalimantan Selatan. 

Pria kelahiran 16 April 1982 ini memiliki gelar dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Muslim. Sulaiman bersama sang istri mengelola Rumah Sakit Marina Permata dan Klinik Zam-zam di Batulicin.

Ia juga pernah terpilih sebagai anggota DPR periode 2019-2024 dari PDI Perjuangan dan ditempatkan di komisi VII yang membidangi energi riset dan teknologi hingga lingkungan hidup.

Siapa Haji Isam? 

Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam adalah konglomerat asal Kalimantan Selatan dan dikenal sebagai Crazy Rich Batulicin.  Meski lahir di Batulicin, Kalimantan Selatan, Haji Isam sebenarnya memiliki darah Bugis. Keluarganya berasal dari Bone, Sulawesi Selatan. 

Haji Isam memiliki kerajaan bisnis Jhonlin Group yang memiliki beberapa lini usaha dengan fokus pada perkebunan kelapa sawit dan tambang batu bara. Di bidang politik, Haji Isam sempat menjadi Wakil Bendahara Kampanye Tim Jokowi - Amin di Pilpres 2019. 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...