Basuki Hadimuljono akan Dilantik Jadi Kepala Badan Otorita IKN

Agustiyanti
22 Oktober 2024, 09:15
basuki hadimuljono, kepala otorita IKN, IKN
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Mantan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga sempat menjabat sebagai Plt Kepala Otorita IKN.
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Presiden Prabowo Subianto dikabarkan akan melantuk mantan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono sebagai Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara atau OIKN pada Kamis (22/10) di Istana Negara. Jabatan ini sebenarnya sudah diemban Basuki dalam beberapa bulan terakhir meski hanya sebagai pelaksana tugas. 

Berdasarkan sumber Katadata.co.id, pelantikan Basuki akan digelar pagi ini pukul 10.00 WIB di Istana Negara. Basuki yang ditemui tadi malam dalam pelaksanaan serah terima jabatan atau Sertijab juga telah mengkonfirmasi terkait penunjukannya. 

"Saya bukan mendahului, tapi menurut Pak menteri sekretaris negara (sebelumnya) Pratikno dan Pak Jokowi saya masih diminta di OIKN. Sekarang Plt nya sudah berhenti dan saat ini sedang diurus oleh bapak-bapak Sekretariat Negara," ujar Basuki, Senin (21/10). 

Ia menjelaskan, keputusan presiden terkait penunjukannya sebagai Kepala OIKN secara definitif saat ini tengah diproses oleh Sekretariat negara. 

Basuki ditunjuk oleh Presiden ke-7 RI Joko Widodo sebagai Plt Kepala OIKN menggantikan Bambang Susantono yang mengundurkan diri pada Juni 2024. Ia sebelumnya menjelaskan, tugasnya sebagai Plt. Kepala OIKN akan berlangsung hingga ditunjuknya kepala OIKN definitif sesuai perundang-undangan.

Adapun fokus tugas Basuki adalaj mempercepat pelaksanaan program-program dalam pembangunan IKN.

IKN merupakan proyek pemindahan ibu kota negara yang digagas Jokowi. Prabowo, ketika masih menjabat Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju (KIM), sempat memastikan untuk melanjutkan pembangunan IKN pada masa kepemimpinannya.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...