Prabowo Bentuk 85 Kantor Satuan Layanan Program Makan Bergizi Gratis

Agustiyanti
27 Oktober 2024, 14:37
makan bergizi, program makan bergizi, makan bergizi gratis, prabowo
ANTARA FOTO/Angga Budhiyanto/gp/Spt.
Siswa menyantap makanan saat mengikuti uji coba makan bergizi gratis di SDN Kedaleman IV, Kota Cilegon, Banten, Rabu (21/8/2024). Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindaya mengatakan, Program Makan Bergizi Gratis ditargetkan menjangkau 82,9 juta penerima, mulai dari ibu hamil dan menyusui, anak balita, serta murid sekolah mulai dari PAUD hingga tingkat SMA.
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Presiden Prabowo Subianto membentuk 85 kantor satuan layanan program Makan Gizi Gratis yang kini tengah melakukan uji coba di seluruh provinsi di Indonesia. Menteri Sekretaris Negara Prasetyo Hadi menyebut, satuan layanan ini disiapkan menjelang pelaksanaan program pada awal Januari 2025.

"Uji coba ini kan tidak hanya di satu tempat. Kami punya tempat uji coba yang sudah berjalan berbulan-bulan. Kurang lebih ada 10 bulan sudah, evaluasinya pun sudah banyak," ujar Prasetyo Hadi usai menghadiri Retret Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang, Jawa Tengah, Minggu, 

Salah satu kantor layanan itu saat ini berdomisili di Magelang, Jawa tengah yang lokasinya berdekatan dengan Akmil, lokasi pelaksanaan pembekalan para menteri pada akhir pekan ini. 

Adapun Satuan Layanan Makan Bergizi Gratis yang menyediakan 3.000 hingga 4.000 porsi untuk para penerima manfaat di Magelang itu berfungsi mengordinasikan distribusi makanan dengan pihak terkait.

Prasetyo menjanjikan satuan layanan tersebut dapat tersebar masif hingga bisa menjangkau wilayah pantai terluar, pulau terluar, termasuk di daerah Papua, mulai tahun depan. Menurut dia, pemerintah melalui Badan Gizi Nasional (BGN) selaku penanggung jawab program, masih memerlukan metode khusus untuk menjangkau kawasan tersebut.

"Tapi mungkin belum sempurna ya secara sistem. Karena memang negara kita baru melaksanakan program makan bergizi," katanya.

Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana menjelaskan, 85 satuan pelayanan program Makan Bergizi Gatis ini tersebar di seluruh provinsi. "Ini akan menjadi percontohan secara nasional," ujarnya.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...