Kemenhub Pastikan Kebakaran Kereta di Yogyakarta Tak Ganggu Mudik Lebaran


Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan tiga rangkaian kereta terbakar di Stasiun Yogyakarta pada Rabu (12/3). Meski demikian, pemerintah memastikan kejadian tersebut tidak akan mengganggu operasional angkutan mudik dan arus balik lebaran 2025.
Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub M. Risal Wasal menjelaskan kebakaran terjadi pada tiga rangkaian kereta dalam posisi stabling di Jalur VII Stasiun Yogyakarta pada pukul 06.44 WIB dan berhasil dipadamkan pada pukul 07.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, dan operasional di Stasiun Yogyakarta tetap berjalan normal.
"Kami bersama PT Kereta Api Indonesia telah menyiapkan langkah-langkah antisipatif guna memastikan kelancaran, keselamatan, dan keamanan perjalanan penumpang selama periode lebaran 2025," ujar Risal dalam keterangan resmi, Kamis (13/3).
Tiga rangkaian kereta yang terbakar merupakan kereta cadangan yang digunakan untuk menggantikan rangkaian eksisting jika terjadi gangguan atau diperlukan tambahan perjalanan. Meski demikian, pihaknya bersama Polda DIY masih menginvestigasi penyebab kebakaran tersebut.
Angkutan Lebaran 2025 Tetap Berjalan
Hingga 2 Maret 2025, KAI telah menjual 1,53 juta tiket untuk angkutan lebaran untuk perjalanan 21 Maret hingga 11 April 2025. Angka ini setara 44,46% dari total 3,44 juta tiket yang disediakan untuk Pulau Jawa dan Sumatra.
"Puncak penjualan sementara tercatat pada H-3 Lebaran atau 28 Maret 2025 dengan jumlah tiket terjual mencapai 104.564," ungkap Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, dalam keterangan resmi, Senin (3/3).
Berdasarkan data sementara, 10 stasiun dengan jumlah penumpang terbanyak selama periode mudik Lebaran 2025 adalah sebagai berikut:
- Stasiun Pasar Senen: 159.231 penumpang
- Stasiun Gambir: 84.867 penumpang
- Stasiun Bekasi: 56.766 penumpang
- Stasiun Yogyakarta: 51.035 penumpang
- Stasiun Kiaracondong: 47.263 penumpang
- Stasiun Surabaya Pasar Turi: 46.705 penumpang
- Stasiun Purwokerto: 44.368 penumpang
- Stasiun Lempuyangan: 42.662 penumpang
- Stasiun Kutoarjo: 42.415 penumpang
- Stasiun Surabaya Gubeng: 40.336 penumpang
Peningkatan Layanan Selama Lebaran
Untuk memastikan kenyamanan penumpang, KAI menyiapkan sejumlah langkah strategis, termasuk peningkatan jumlah personel, penguatan layanan digital, dan optimalisasi fasilitas di berbagai titik layanan.
"KAI telah menempatkan 170 petugas Customer Service Mobile (CSM) di 39 stasiun yang tersebar di berbagai Daerah Operasi (Daop) dan Divisi Regional (Divre). Tim ini siap memberikan informasi dan asistensi kepada pelanggan," kata Anne.