Mendag: Promotor Konser Day6 Janji Kembalikan Dana hingga Akhir Mei 2025

Mela Syaharani
8 Mei 2025, 11:30
Konser
Katadata/Fauza Syahputra
Menteri Perdagangan, Budi Santoso mengikuti konferensi pers di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (16/12/2024). Konferensi pers tersebut membahas tentang paket stimulus ekonomi untuk kesejahteraan dan kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 12 persen untuk barang mewah yang akan diterapkan mulai 1 Januari 2025.
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Menteri Perdagangan Budi Santoso buka suara terkait pengembalian dana penonton konser band korea Day6 ‘3rd World Tour Forever Young’ pada akhir bulan ini.

“Komitmennya kan sampai Mei ini selesai, sekarang sudah dibayar 30-40%. Komitmen promotor akhir Mei akan diselesaikan,” kata Budi saat ditemui di Kementerian Perdagangan, Kamis (8/5).

Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) telah memanggil promotor konser Mecimapro, PT Global Tiket Network (tiket.com), dan Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) pada Selasa (6/5). 

Pemanggilan ini bertujuan mengklarifikasi dan menindaklanjuti pengaduan konsumen terkait pembelian tiket konser yang digelar pada Sabtu (3/5) di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. 

"Langkah ini diambil sebagai peningkatan perlindungan konsumen sebagai wujud kehadiran pemerintah dalam melindungi konsumen Indonesia," kata Direktur Jenderal PKTN Moga Simatupang dalam siaran pers, dikutip Kamis (8/5).

Day6 adalah band pop rock asal Korea Selatan yang sedang menggelar tur dunia. Berdasarkan catatan Direktorat Pemberdayaan Konsumen Ditjen PKTN, pembeli tiket konser Day6 melayangkan sejumlah aduan, seperti masalah pengembalian dana (refund) serta kepindahan lokasi konser yang berimbas pada pengaturan kursi dan persiapan akomodasi. 

Moga menekankan, Ditjen PKTN akan mengawal proses pengembalian dana tiket konser ini serta membina dan mengawasi pelaku usaha untuk menjamin dipenuhinya hak dan kewajiban konsumen. Pelaku usaha yang terlibat diharapkan selalu mematuhi regulasi yang berlaku dan berupaya semaksimal mungkin untuk tanggap menyelesaikan pengaduan konsumen. 

Dalam pertemuan tersebut, Direktur Mecimapro Fransiska Melani menyampaikan bahwa promotor berkomitmen mempercepat proses pengembalian dana konsumen, dengan target paling lambat akhir Mei 2025. Mecimapro masih membutuhkan waktu untuk memilah data konsumen yang mengajukan pengembalian, membatalkan pengajuan, atau memilih tetap menonton konser.

“Mecimapro sedang memproses pengembalian dana. Konsumen yang membeli tiket melalui mecimashop.com dan belum menerima pengembalian dapat menghubungi promotor melalui email ke contact@mecimapro.com untuk diproses lebih lanjut,” ujar Melani.

Melani menyebut, pembeli tiket yang telah mengajukan pengembalian dana ke tiket.com tetapi sudah menerima nomor kursi atau nomor antrian, tetap dapat menonton konser. Hal ini sebagai wujud tanggung jawab Mecimapro. 

“Kami telah menyediakan lima bus antar-jemput, kartu pos foto, jas hujan, keperluan medis, dan makanan yang diberikan secara gratis kepada konsumen. Kami akan membuat permohonan maaf atas kejadian ini dan akan melaporkan perkembangan pengembalian dana kepada Kementerian Perdagangan,” ujar Melani. 

Pengembalian Dana Tiket.com

Berdasarkan informasi Legal Senior Manager tiket.com Martino Arnoldi, tiket.com melakukan pengembalian dana pembelian tiket kepada konsumen dikarenakan hingga Kamis(1/5), tiket.com tidak menerima secara lengkap nomor antrian dan nomor kursi dari Mecimapro. 

Oleh sebab itu, tiket.com mengambil langkah proaktif untuk menempatkan kenyamanan konsumen sebagai prioritas utama dengan memproses pengembalian dana kepada konsumen. 

Konsumen yang membeli tiket lewat tiket.com akan menerima pengembalian dana paling lambat 14 Mei 2025. Pengembalian bisa berupa uang tunai, saldo Bliblipay, poin Blibli Tiket, atau voucher hadiah yang bisa dicairkan.

Hingga Senin lalu (5/5), progres pengembalian dana telah mencapai 40% dari 6.900 tiket yang terjual dan selesai otomatis pada 14 Mei 2025 bagi konsumen yang belum mengajukan. 

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

mobile apps preview
Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan