Program Berbagi Vaksin Covid-19 Capai 100 Miliar Dosis ke 144 Negara

Desy Setyowati
16 Januari 2022, 16:45
vaksin covid-19, vaksin corona, vaksin, covid-19
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.
Tenaga kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19 ke murid sekolah dasar (SD) di SDN 03 Rawa Buntu, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (14/12/2021).

Program berbagi vaksin global COVAX mengirimkan satu miliar dosis vaksin Covid-19. Vaksin corona gratis ini diberikan kepada 144 negara.

Covid-19 Vaccines Global Access yang disingkat sebagai COVAX, adalah inisiatif global yang ditujukan untuk akses setara atas vaksin corona. Program ini dipimpin oleh Global Alliance for Vaccines and Immunization (Gavi), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Coalition for Epidemic Preparedness Innovations, dan lainnya.

Gavi mencatat, negara-negara kaya mendapatkan sebagian besar dosis vaksin Covid-19 pada awal tersedia yakni Desember 2020. Sedangkan negara-negara kekurangan vaksin corona.

“Tetapi pada kuartal terakhir, pengiriman meningkat secara eksponensial. Ini memungkinkan COVAX mencapai tonggak sejarah pengiriman satu miliar dosis ke 144 negara,” kata Gavi dikutip dari Reuters, Minggu (16/1).

COVAX diluncurkan pada 2020. Inisiatif ini bertujuan memberikan dua miliar dosis pada akhir 2021.

Gavi mengatakan, target tersebut tak tercapai karena ada penimbunan vaksin Covid-19 secara terbatas oleh negara-negara kaya. Selain itu, ada pembatasan ekspor dan perubahan dalam organisasi yang terlalu sering.

Program berbagi vaksin Covid-19 pun mulai dilakukan pada Februari 2021. COVAX awalnya berencana memasok dosis yang diperoleh langsung dengan anggaran lebih dari US$ 10 miliar dari dana donor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...