7 Negara Paling Bahagia di Dunia 2022

Dwi Latifatul Fajri
15 Maret 2022, 17:59
Ilustrasi, Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin. Finlandia tercatat sebagai negara paling bahagia di dunia berdasarkan laporan yang dikeluarkan World Happiness Report.
TWITTER @MarinSanna
Ilustrasi, Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin. Finlandia tercatat sebagai negara paling bahagia di dunia berdasarkan laporan yang dikeluarkan World Happiness Report.

Mengukur kebahagian suatu negara jelas bukan merupakan pekerjaan yang mudah, karena tidak ada standar yang baku untuk mengukurnya. Namun, hal ini bukan sesuatu yang mustahil. Sebab, ada beberapa indikator yang bisa digunakan untuk melihat secara umum apakah penduduk atau masyarakat suatu negara merasa bahagia atau tidak. Beberapa indikator yang dimaksud misalnya terkait kualitas layanan kesehatan, harapan hidup, dan kebebasan.

Selama sembilan tahun terakhir, World Happiness Report merilis laporan mengenai tingkat kebahagian negara-negara di dunia. Selain menggunakan data-data biasa, World Happiness Report juga memasukkan faktor Covid-19 dalam perhitungan.

Advertisement

Berdasarkan laporan yang dirilis World Happiness Report tahun lalu, Finlandia menempati urutan pertama negara paling bahagia di dunia. Para peneliti melakukan analisis menggunakan data dari 149 negara selama 3 tahun terakhir. Dari analisis tersebut, Finlandia terpilih menjadi negara paling bahagia di dunia.

Beberapa indikator yang menjadi pertimbangan terdiri dari enam kategori, yakni produk domestik bruto per kapita, tingkat harapan hidup, kebebasan membuat pilihan sendiri, dan dukungan sosial. Selain itu, kategori masuk negara paling bahagia adalah masyarakat yang hidup layak dan tingkat korupsi rendah.

Mengutip dari worldpopulationreview.com, negara di Eropa Utara seperti Finlandia berada di urutan tertinggi. Finlandia menjadi negara paling bahagia di dunia selama 4 tahun berturut-turut.

Skor keseluruhan Finlandia mencapai 7.842, diikuti negara di Eropa seperti Denmark (7.620), Swiss (7.571), Islandia (7.554), Belanda (7.464), Norwegia (7.392 ), dan Swedia (7.363).

Sementara itu negara paling tidak bahagia di dunia adalah Afganistan. Tahun lalu, Afghanistan dilaporkan sebagai negara paling tidak bahagia karena tingkat harapan hidup rendah dan produk domestik bruto perkapita rendah. Sementara, di peringkat lima terbawah negara paling tidak bahagia diisi oleh Zimbabwe (3.145), Rwanda (3.415), Botswana (3.467), dan Lesotho (3.512).

Negara Paling Bahagia di Dunia

1. Finlandia

Finlandia berada di peringkat pertama sebagai negara paling bahagia di dunia. Tahun lalu, Finlandia mencatatkan skor 7.84 dari 10. Faktor yang membuat Finlandia menjadi negara bahagia karena negara ini memiliki tingkat korupsi rendah dan masyarakat memiliki kebebasan untuk menentukan pilihan sendiri. Kedua faktor ini menjadi penilaian kuat untuk negara bahagia.

2. Denmark

Denmark menempati urutan kedua sebagai negara paling bahagia di dunia setelah Finlandia, dengan skor 7,62 . Kategori Denmark menjadi negara bahagia karena pendapatan perkapita, korupsi rendah, dan masyarakat hidup makmur. Kategori diatas membuat Denmark berada di peringkat kedua negara paling bahagia.

3. Swiss

Urutan ketiga negara paling bahagia di dunia adalah Swiss, dengan skor 7,57 dari 10. Negara di benua Eropa ini juga masuk kategori negara paling sehat. Penyebabnya karena jumlah tingkat obesitas paling rendah dan harapan hidup panjang untuk masyarakat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement