Pemakaman Ratu Elizabeth II akan Ditayangkan di 125 Bioskop di Inggris

Happy Fajrian
18 September 2022, 16:02
ratu elizabeth, pemakaman, inggris
Instagram @theroyalfamily
Peti Jenazah Ratu Elizabeth II.

Pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada hari Senin (19/9) akan ditampilkan oleh sekitar 125 bioskop di seluruh Inggris. Prosesi pemakaman juga akan disiarkan melalui layar besar yang dipasang di taman, alun-alun, dan katedral.

“Layanan pemakaman di Westminster Abbey dan prosesi terkait di London juga akan ditayangkan langsung di televisi oleh BBC, ITV dan Sky,” kata departemen kebudayaan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters, Minggu (18/9).

Presiden, perdana menteri, dan keluarga kerajaan dari seluruh dunia diharapkan menghadiri pemakaman raja terlama di Inggris, yang meninggal pada 8 September dalam usia 96 tahun. Pemerintah Inggris telah mendeklarasikan hari pemakaman Ratu Elizabeth sebagai libur nasional.

Pemakaman Ratu Elizabeth diperkirakan akan disaksikan lebih banyak penonton dibandingkan acara-acara besar lainnya dalam sejarah Inggris baru-baru ini, termasuk pemakaman Putri Diana pada 1997, Olimpiade London 2012, dan pernikahan kerajaan.

Warga Inggris tidak dipungut biaya untuk menonton prosesi pemakaman di bioskop. Asosiasi Sinema Inggris mengatakan bahwa banyak bioskop yang penuh pada saat screening.

Sementara itu Ratusan ribu orang telah mengantre berjam-jam minggu ini untuk memberi penghormatan di peti mati Ratu Elizabeth, yang disemayamkan di Westminster Hall hingga Senin pagi.

Beberapa tokoh publik terkenal mengantre hingga berjam-jam untuk memberikan penghormatan terakhirnya kepada pemimpin kerajaan Inggris terlama dalam sejarah, termasuk di antaranya mantan pesepakbola David Beckham yang rela mengantre hingga 13 jam.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...