Bos Mafia Italia Berbahaya Ditangkap Setelah Buron 30 Tahun

Yuliawati
Oleh Yuliawati
17 Januari 2023, 14:07
mafia, buronan 30 tahun
ANTARA FOTO/REUTERS/Alberto Lingria/hp/dj
Ilustrasi.

Kepolisian Italian atau Carabinieri menangkap bos mafia Matteo Messina Denaro, setelah pencarian selama 30 tahun, pada Senin (16/1). Saat ini, polisi kini menyembunyikan Denaro, 60, ke tempat rahasia setelah menangkapnya di klinik pribadinya di Palermo, Sisilia.

Selama masa buronan, Denaro menderita kanker dan berobat ke beberapa rumah sakit dan klinik. Sumber pengadilan mengatakan pada tahun lalu Denaro menjalani operasi dengan menggunakan nama palsu.

"Kami memiliki petunjuk untuk penyelidikan dan mengikutinya hingga penangkapan hari ini," kata jaksa Palermo Maurizio de Lucia, dikutip dari Reuters, Selasa (17/1).

Hakim Paolo Guido, yang juga bertanggung jawab atas penyelidikan terhadap Messina Denaro, mengatakan kesuksesan penangkapan ini setelah aparat berhasil membongkar jaringan pelindungnya. Polisi juga menangkap orang yang mengantar Denaro ke rumah sakit karena dicurigai membantu buronan.

Denaro dianggap sebagai salah satu pentolan bos mafia Sisilia, yang dikenal sebagai Cosa Nostra. Dia divonis hukuman penjara seumur hidup dalam persidangan yang berlangsung secara in absentia, karena perannya dalam serangkaian pembunuhan, termasuk pembunuhan jaksa anti mafia Giovanni Falcone dan Paolo Borsellino pada 1992.

Persidangan in absentia adalah peradilan suatu perkara tanpa kehadiran pihak tergugat dalam perkara perdata dan tata usaha negara atau pihak terdakwa dalam perkara pidana.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...