Daftar Negara Hadapi Gelombang Panas Selain RI, Terburuk dalam Sejarah

Desy Setyowati
25 April 2023, 11:50
gelombang panas, cuaca panas
ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi/hp/sad.
Ekskavator mencoba memadamkan api saat asap mengepul dari pembakaran sampah saat cuaca panas ekstrem di lokasi pembuangan sampah Bhalswa di New Delhi, India, Jumat (29/4/2022).

Gelombang panas ekstrem melanda beberapa negara di Asia Selatan dan Tenggara, termasuk Indonesia. Negara mana saja yang mengalami cuaca panas ekstrem?

Ahli meteorologi mencatat suhu 45 derajat Celsius di India, Thailand dan Myanmar, dan 42 - 43 derajat Celsius di Bangladesh, Laos, Vietnam, Nepal, dan Cina. Suhu ini tidak biasanya terjadi di negara-negara ini.

“Benua ini mengalami gelombang panas April terburuk dalam sejarah,” kata ahli iklim dan sejarawan cuaca Maximiliano Herrera melalui Twitter, dikutip dari The Straits Times, akhir pekan lalu (21/4).

Ia mengatakan, suhu hingga 45 derajat Celsius hanyalah awal musim kemarau panjang, yang kemungkinan lebih buruk lagi jika prediksi El Nino pada 2023 benar-benar terjadi.

Direktur Layanan Perubahan Iklim Copernicus Uni Eropa Carlo Buontempo mengatakan El Nino biasanya dikaitkan dengan suhu yang memecahkan rekor di tingkat global. “Apakah ini akan terjadi pada 2023 atau 2024 belum diketahui, tetapi, menurut saya, ini sangat mungkin terjadi,” katanya kepada Reuters.

Rekor tahun terpanas di dunia sejauh ini jatuh pada 2016, bertepatan dengan El Nino yang kuat.

“Jika El Nino benar-benar berkembang, ada kemungkinan besar pada 2023 akan lebih panas dari 2016. Ini mengingat dunia terus menghangat karena manusia terus membakar bahan bakar fosil,” kata dosen senior di Institut Grantham Imperial College London Profesor Friederike Otto.

Pimpinan regional untuk kebijakan iklim di Climate Analytics Dr Fahad Saeed pun menyampaikan, rekor cuaca panas tahun ini di Thailand, China, dan Asia Selatan adalah tren iklim yang sudah diprediksi akan terjadi.

“Ini akan menyebabkan tantangan kesehatan masyarakat di tahun-tahun mendatang,” ujar dia.

“Panas ekstrem yang telah kita saksikan selama beberapa hari terakhir akan paling parah menimpa orang miskin,” tambah dia. “Bahkan mungkin mengancam jiwa bagi mereka yang tidak memiliki akses ke pendingin atau tempat berlindung yang memadai.”

Ahli iklim Mr Herrera mengatakan Asia sedang menghadapi gelombang panas ‘monster’ yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Daftar Negara Alami Cuaca Panas Ekstrem

1. India

Setidaknya 13 orang meninggal akibat sengatan panas di negara bagian Maharashtra di India barat setelah menghadiri upacara penghargaan negara pada Minggu yang dihadiri lebih dari satu juta orang.

Di Ahmedabad, kota terpadat di negara bagian Gujarat, aspal di jalan yang baru dipasang justru meleleh.

Setidaknya dua negara bagian lain di India yakni Tripura di timur laut dan Benggala Barat di timur, memerintahkan sekolah tutup minggu ini. Sebab, suhu naik menjadi lebih dari 40 derajat Celsius.

Seorang blogger video di Benggala Barat memecahkan sebutir telur di atas wajan anti lengket, lalu meletakkan wajan tersebut di teras terbuka. Ia bisa memasak telur dadar tanpa kompor.

2. Indonesia

Suhu di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah mencapai 33 derajat Celsius. Ia juga memasak telur puyuh di bawah sinar matahari.

Beberapa orang memanaskan air dengan cara yang sama.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...