Cerita 4 Anak Korban Pesawat Jatuh Bertahan 40 Hari di Hutan Amazon

Agustiyanti
11 Juni 2023, 14:39
amazon, anak hilang, pesawat jatuh
Pixabay
Ilustrasi Hutan Amazon.

Empat anak yang hilang sejak 40 hari lalu di hutan Amazon wilayah Kolombia ditemukan hidup dan dievakuasi pada Jumat (9/6). Mereka adalah korban kecelakaan pesawat berukuran kecil yang menewaskan ibu mereka, pilot, dan seorang lainnya. 

Keempat anak ini adalah kakak beradik. Lesly yang merupakan anak tertua baru berusia 13 tahun, sedangkan tiga adiknya baru berusia 9 tahun, 5 tahun, dan 1 tahun. Anak yang paling bungsu bahkan baru berusia 11 bulan ketika mereka hilang usai pesawat Cessna 206 yang mereka tumpangi jatuh pada 1 Mei 2023.

Mengutip AFP, pilot telah melaporkan masalah mesin hanya beberapa menit setelah lepas landas dari daerah pedalaman Amazon yang dikenal sebagai Araracuara dalam perjalanan sejauh 350 kilometer (217 mil) ke kota San Jose del Guaviare. Pesawat merupakan akomodasi yang biasa digunakan untuk melalui wilayah tersebut karena medan yang harus dilalui. 

Jenazah pilot, ibu dari anak-anak tersebut, dan seorang tokoh masyarakat adat setempat yang juga menumpangi pesawat yang sama dengan keempat anak itu ditemukan di lokasi kecelakaan. Pejabat setempat mengatakan, mereka berpergian untuk menghindari ancaman anggota kelompok bersenjata.

Anak-anak etnis Huitoto yang merupakan suku asli Amazon ini tampak kurus dan lemah saat ditemukan. Menurut pantauan wartawan AFP, mereka dibawa dengan  pesawat medis tentara ke rumah sakit militer di Bogota.

Menteri Pertahanan Ivan Velasquez, yang mengunjungi mereka di rumah sakit bersama Presiden Gustavo Petro, mengatakan anak-anak ini sudah pulih, tetapi belum bisa makan makanan padat.

Bagaimana Mereka Bertahan Hidup?

Kakek dari anak-anak tersebut, Fidencio Valencia mengatakan, bahwa cucu-cucunya merupakan anak semak belukar. Mereka tahu cara bertahan hidup di hutan. 

"Mereka awalnya bertahan hidup dengan makan sedikit tepung yang ada di pesawat, lalu biji-bijian," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...