Bertemu di Cina, Xi Jinping Menyebut Bill Gates Teman Lama

Tia Dwitiani Komalasari
17 Juni 2023, 11:19
Xi Jinping Bertemu Bill Gates
www.gov.cn
Xi Jinping Bertemu Bill Gates

Presiden Cina Xi Jinping menerima kunjungan Bill Gates di wisma tamu negara Diaoyutai Beijing, Cina. Xi Jinping menyebut Bill Gates 'seorang teman lama' dan berharap mereka dapat bekerja sama.

Xi Jinping mengatakan dia sangat senang bertemu dengan pendiri Microsoft tersebut. Gates merupakan pengusaha asing pertama yang ditemui Xi jinping dalam tiga tahun terakhir.

"Saya sering mengatakan bahwa fondasi hubungan AS-Tiongkok terletak pada rakyatnya. Saya menaruh harapan saya pada rakyat Amerika," kata Xi Jinping seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (17/6).

“Dengan situasi global saat ini, kita dapat melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi kedua negara dan rakyat kita, kegiatan yang bermanfaat bagi umat manusia secara keseluruhan,” ujarnya.

Gates membalas ucapan Xi Jinping dan mengatakan dia merasa terhormat memiliki kesempatan untuk bertemu. "Kami selalu melakukan percakapan yang menyenangkan dan kami akan memiliki banyak topik penting untuk didiskusikan hari ini. Sangat menyenangkan bisa kembali," ujarnya.

Dalam unggahan di blog pribadinya, Gates mengatakan dia dan Xi Jinping telah membahas tantangan kesehatan dan pembangunan global seperti ketidaksetaraan kesehatan dan perubahan iklim.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...