Joe Biden Ajak Kim Jong Un Gelar Pertemuan Bahas Denuklirisasi

Ira Guslina Sufa
19 Agustus 2023, 09:50
Joe Biden
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/nym.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan pandangannya dalam sesi Partnership for Global Insfrastucture and Investment dalam rangkaian KTT G20 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (15/11/2022).

Presiden Amerika Serikat Joe Biden siap bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tanpa prasyarat untuk membahas denuklirisasi di Semenanjung Korea. Meski begitu Juru Bicara Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan masih menunggu respons dari Korea Utara. 

"Mereka (Korut) belum menanggapi secara positif tawaran itu, tapi tawaran itu masih dirundingkan. Kami bersedia untuk duduk dan bernegosiasi tanpa prasyarat," kata Kirby dalam wawancara dengan Kyodo News seperti dikutip Sabtu (19/8). 

Pernyataan tersebut disampaikan Kirby sehari sebelum Biden ditetapkan menjadi tuan rumah pertemuan puncak trilateral dengan para pemimpin Jepang dan Korea Selatan yang akan membahas berbagai isu. Salah satu isu yang dibahas adalah perkembangan pesat kemampuan nuklir dan rudal Korea Utara.

Tidak seperti pendahulunya Donald Trump, yang bertemu langsung dengan Kim tiga kali, pemerintahan Biden tidak pernah melakukan pertemuan tingkat tinggi dengan Korea Utara. Selama ini ia hanya melibatkan para pejabatnya untuk membahas denuklirisasi.

Kirby tidak menyebutkan kapan tawaran pertemuan dengan Kim itu dibuat. Dia hanya mengatakan bahwa pemerintahan Biden sedang meningkatkan upayanya untuk menjangkau Korea Utara. Terkait kurangnya tanggapan Pyongyang terhadap pemerintahan Biden, Kirby mengatakan bahwa Biden tidak terlalu memusingkan itu.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...