Xi Jinping Kemungkinan Absen di KTT G20 India, Joe Biden Kecewa

Happy Fajrian
4 September 2023, 06:54
Xi Jinping, Joe Biden, KTT G20 India
AFP/NPR
Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden bertemu sehari sebelum KTT G20 di Bali, Senin (14/11/2022).

Presiden Cina Xi Jinping kemungkinan akan absen pada pertemuan puncak para pemimpin G20 di India pada 9-10 September 2023 mendatang. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan kekecewaan atas absennya Xi.

“Saya kecewa, tapi saya akan menemui dia,” kata Biden seperti dikutip Reuters, Senin (4/9). Biden dijadwalkan akan bertolak ke India pada 7 September 2023 untuk menghadiri KTT G20, yang akan dilanjutkan dengan kunjungan ke Vietnam untuk mempererat hubungan dengan negara Asia.

Absennya Xi juga menjadi pukulan bagi India. Menurut sejumlah analis absennya Xi bisa menjadi sinyal bahwa Cina enggan memberikan pengaruhnya kepada negara tetangganya itu di Selatan, yang merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di tengah melambatnya ekonomi Cina.

Dua pejabat India, satu diplomat yang berbasis di Cina dan satu pejabat yang bekerja untuk pemerintah negara G20 lainnya mengatakan Perdana Menteri Li Qiang diperkirakan akan mewakili Beijing pada pertemuan 9-10 September di New Delhi.

Li juga kemungkinan akan menghadiri pertemuan puncak para pemimpin Asia Timur dan Tenggara di Jakarta, Indonesia pada 5-7 September, menurut laporan dari Kyodo.

KTT di India dipandang sebagai tempat kemungkinan pertemuan antara Xi dan Biden, yang telah mengonfirmasi kehadirannya, ketika kedua negara adidaya berupaya menstabilkan hubungan yang memburuk akibat ketegangan perdagangan dan geopolitik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...