Kim Jong Un Bakal Bertemu Putin, Perkuat Hubungan Militer Korut-Rusia

Happy Fajrian
5 September 2023, 07:50
kim jong un, putin, rusia, korea utara
ANTARA FOTO/REUTERS/KCNA /HP/dj
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjalan menjauhi apa yang media sebut sebagai "model baru" rudal balistik antar benua (ICBM) dalam foto tanpa tanggal yang dirilis Kamis (24/3/2022).

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berencana melakukan perjalanan ke Rusia bulan ini untuk bertemu Presiden Vladimir Putin. Keduanya akan membahas kemungkinan pemasokan senjata ke Rusia untuk perang di Ukraina.

Kim akan melakukan perjalanan dari Pyongyang ke Vladivostok, kemungkinan menggunakan kereta lapis baja. Di sana, kedua pemimpin akan membahas pengiriman senjata artileri dan rudal antitank ke Rusia sebagai imbalan atas teknologi canggih yang diberikan Putin berupa satelit dan kapal selam bertenaga nuklir kepada Korut.

Rencana pertemuan Kim Jong Un dan Putin membuat Amerika Serikat (AS) khawatir. Kabar akan bertemunya Kim dan Putin muncul setelah Rusia menyatakan tengah mendiskusikan rencana latihan militer gabungan dengan Korut.

“Mengapa tidak, mereka adalah tetangga kami. Ada pepatah Rusia kuno: Anda tidak memilih tetangga Anda dan lebih baik hidup bersama tetangga Anda dalam damai dan harmonis,” kata Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, seperti dikutip Reuters dari kantor berita Interfax, Senin (4/9).

Ketika ditanya tentang kemungkinan latihan gabungan antara kedua negara, dia mengatakan “latihan tersebut tentu saja sedang dibahas”.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap sebelumnya mengutip badan intelijen Korea Selatan yang mengatakan Shoigu, yang mengunjungi Pyongyang pada bulan Juli, telah mengusulkan kepada Kim agar negara mereka mengadakan latihan angkatan laut, bersama dengan Cina.

Sekutu Perang Dingin

Kremlin mengatakan pekan lalu bahwa Moskow bermaksud untuk memperdalam “hubungan saling menghormati” dengan Pyongyang, salah satu sekutu dekat Perang Dinginnya dan juga salah satu dari segelintir negara yang mendukung aneksasi Rusia atas sebagian wilayah Ukraina pada 2022.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...