Cina Sudah Impor Produk Pertanian dari ASEAN Rp 115 T

Patricia Yashinta Desy Abigail
6 September 2023, 10:41
KTT ASEAN, cina, KTT ASEAN - cina
ANTARA FOTO/MEDIA CENTER KTT ASEAN 2023/M Agung Rajasa/pras.
Suasana KTT ke-26 ASEAN-China di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Para kepala negara ASEAN dan Perdana Menteri Cina Li Qiang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Cina di Jakarta pada Rabu (6/9). Li Qiang dalam pembukaan pertemuan tersebut menekankan komitmen Cina untuk mengimpor produk pertanian ASEAN mencapai US$ 150 miliar atau setara Rp 313 triliun dalam lima tahun ke depan.

Li Qiang mengatakan, Cina hingga kini telah mengimpor produk pertanian dari ASEAN mencapai US$ 55 miliar atau setara Rp 115 triliun, lebih dari sepertiga komitmen yang dijanjikan Presiden Xi Jinping pada 2021. 

"Realisasinya lebih cepat dari perkiraan, kami telah mencapai konsensus penuh mengenai konektivitas regional," kata Li Qiang, Rabu (6/9).

Cina merupakan salah satu mitra dagang utama ASEAN. Pada semester pertama tahun ini, ekspor Cina ke kawasan ASEAN mencapai US$ 263,16 miliar, sedangkan impor hanya US$ 184,16 miliar. Dengan demikian, ASEAN mencatatkan defisit perdagangan dengan Cina mencapai US$ 79 miliar.

Li Qiang dalam pidatonya juga menyebut kerja sama ASEAN dan Cina telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. ASEAN dan Cina mempunyai aspirasi yang kuat terhadap pembangunan sehingga sudah seharusnya keduanya  mengambil tindakan nyata untuk menjaga stabilitas regional.

"Tidak peduli badai apa yang akan datang, kerja sama Tiongkok-ASEAN akan tetap kokoh dan terus maju menghadapi segala rintangan untuk mencapai perkembangan dan kemajuan yang lebih besar,"  kata Li Qiang.

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Editor: Agustiyanti

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...