Korsel Akan Beri ASEAN Rp 450 Miliar untuk Kembangkan AI

Ameidyo Daud Nasution
6 September 2023, 15:08
korsel, asean, ai
Agus Suparto
Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol pada acara KTT ke-24 ASEAN-Republic of Korea di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Para pemimpin ASEAN telah menyelesaikan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol hari ini. Dalam pertemuan tersebut, Yoon dan pemimpin negara-negara Asia Tenggara membahas kerja sama di sektor digital.

Beberapa hal yang menjadi pembahasan adalah fintech, ekonomi digital, hingga ekosistem start up. Korsel juga berkomitmen memberikan dana US$ 30 juta atau setara Rp 459 miliar.

"Untuk meningkatkan kapasitas di bidang artificial intelligence," kata Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi dalam konferensi pers di Jakarta Convention Center, Rabu (6/9).

Selain itu, Yoon juga berkomitmen memberikan US$ 16 juta untuk implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific atau AOIP.

"Pertemuan tersebut juga mengangkat pentingnya melakukan upgrade ASEAN-RoK Free Trade Agreement," kata Retno.

Halaman:

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...