Jet Tempur Siluman F35 Hilang Tanpa Jejak, Anggota Kongres AS Heran

Yuliawati
Oleh Yuliawati
18 September 2023, 16:14
Formasi jet tempur F-35 Lightning II Angkatan Udara AS melakukan manuver udara selama sebagai bagian dari latihan kekuatan tempur atas Utah Test and Training Range, Utah, AS, Senin (19/11/2018).
ANTARA FOTO/REUTERS/U.S. Air Force/Staff Sgt. Cory D. Payne/Handout /AWW/sa.
Formasi jet tempur F-35 Lightning II Angkatan Udara AS melakukan manuver udara selama sebagai bagian dari latihan kekuatan tempur atas Utah Test and Training Range, Utah, AS, Senin (19/11/2018).

Militer Amerika Serikat sedang mencari jet tempur F-35B Lightning II yang hilang di dekat Charleston, Carolina Selatan pada Minggu (17/9) waktu setempat. Pejabat militer meminta bantuan kepada masyarakat untuk membantu mencari jet tempur tersebut.

Hilangnya jet tempur siluman itu menjadi pertanyaan anggota kongres Amerika, Nancy Mace.

“Bagaimana bisa Anda kehilangan F-35? Bagaimana tidak ada alat pelacak dan kami bertanya kepada masyarakat untuk apa, menemukan jet dan menyerahkannya?”, dikutip dari Guardian, Senin (18/9).

Peristiwa hilangnya F35 bermula ketika pilot meninggalkan jet dengan melontarkan diri. Pilot menjalani pelayanan medis dan kini dalam kondisi stabil.

Para pejabat militer masih menyelidiki penyebab pilot itu melontarkan diri. Pilot F-35 kedua yang berlatih bersama, kembali dengan selamat ke Pangkalan Gabungan Charleston.

Pangkalan Gabungan Charleston meminta bantuan masyarakat untuk menemukan pesawat tersebut.
Posisi terakhir pesawat berada di dekat Danau Moultrie dan Danau Marion, dua perairan besar di barat laut kota Charleston.

“Masyarakat diminta untuk bekerja sama dengan otoritas militer dan sipil seiring upaya ini terus berlanjut,” kata pejabat Pangkalan Gabungan Charleston, dikutip dari CNN, Senin (18/9).

Jet tersebut milik Skuadron Pelatihan Serangan Tempur Laut 501, sebuah unit yang berfokus pada pelatihan pilot untuk memenuhi persyaratan pelatihan tahunan.

Helikopter Divisi Penegakan Hukum Carolina Selatan bergabung dalam pencarian F-35 setelah cuaca buruk membaik di daerah tersebut.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...