Hari Informasi Pembangunan Sedunia, Sejarah dan Tujuan Perayaannya

Annisa Fianni Sisma
Oleh Annisa Fianni Sisma - Agung Jatmiko
24 Oktober 2023, 09:00
Ilustrasi, Hari Informasi Pembangunan Sedunia.
Freepik
Ilustrasi, Hari Informasi Pembangunan Sedunia.

Banyak negara mengakui, bahwa ketersediaan data dan informasi yang andal adalah kunci untuk merencanakan dan mengukur kemajuan dalam berbagai bidang pembangunan. Hal ini pun diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang menetapkan peringatan Hari Informasi Pembangunan Sedunia atau World Development Information Day, pada 24 Oktober.

Peringatan ini ditetapkan oleh Majelis Umum PBB pada 14 Desember 1972. Meski demikian, PBB memilih 24 Oktober sebagai tanggal peringatan karena ini merupakan tanggal diadopsinya Strategi Pembangunan Internasional untuk Second United Nations Development Decade.

Penetapan peringatan Hari Informasi Pembangunan Sedunia merupakan tanggapan terhadap pengakuan pentingnya informasi dan statistik dalam upaya pembangunan ekonomi dan sosial di seluruh dunia.

Bagaimana hari perngatan ini tercipta, serta apa saja tujuan diperingatinya? Simak ulasan singkat berikut ini.

Ilustrasi
Ilustrasi, Hari Informasi Pembangunan Sedunia (123rf)

Sejarah Hari Informasi Pembangunan Sedunia

Mengutip laman resmi PBB, sejak awal dekade 1970-an, pemerintah di seluruh dunia telah mendedikasikan diri mereka pada tujuan yang ada pada Piagam PBB. Tujuan tersebut beberapa diantaranya yakni menciptakan kondisi yang stabil, kesejahteraan, menjamin standar hidup yang sesuai dengan martabat manusia melalui kemajuan dan pembangunan ekonomi dan sosial.

Namun sayangnya, standar hidup masyarakat di dunia masih sangat rendah. Contoh spesifiknya yakni masih ada fenomena kekurangan gizi, pendidikan rendah, pengangguran, dan kekurangan fasilitas dasar.

Pada 1972, Majelis Umum PBB menetapkan Hari Informasi Pembangunan Sedunia untuk menarik perhatian dunia terkait masalah pembangunan serta memperkuat kerja sama internasional demi terselesaikannya resolusi 3038 atau XXVII.

Majelis Umum menetapkan itu bertepatan dengan Hari PBB yang menjadi tangga diadopsinya Strategi Pembangunan Internasional untuk Second United Nations Development Decade atau Dekade Pembangunan PBB ke-2 pada 1970.

PBB menilai peningkatan penyebaran informasi dan mobilisasi opini publik, khususnya kaum muda, akan mampu menyadarkan masyarakat umum terkait masalah pembangunan. Hal ini pun mendorong upaya dalam lingkup kerja sama internasional demi pembangunan. Hari Informasi Pembangunan Sedunia yang pertama diperingati pada 24 Oktober 1973.

Tujuan Perayaan Perayaan Hari Informasi Pembangunan Sedunia

Telah disebutkan, bahwa penetapan Hari Informasi Pembangunan Sedunia merupakan tanggapan terhadap pengakuan pentingnya informasi dan statistik dalam upaya pembangunan.

Sebab, data dan informasi yang berkualitas tinggi membantu pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, organisasi non-pemerintah, dan sektor swasta, dalam membuat keputusan yang lebih baik dalam perencanaan dan pelaksanaan program-program pembangunan.

Adapun, peringatan Hari Informasi Pembangunan Sedunia memiliki beberapa tujuan utama, antara lain:

1. Meningkatkan Kesadaran

Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat secara luas tentang pentingnya informasi, data, dan statistik dalam pembangunan sosial dan ekonomi. Ini membantu dalam membangkitkan pemahaman mengenai peran informasi dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

2. Mendorong Partisipasi Masyarakat

Peringatan Hari Informasi Pembangunan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam proses pembangunan. Ini membantu masyarakat untuk lebih memahami peran mereka dalam mengambil keputusan dan memengaruhi program-program pembangunan di wilayah mereka.

3. Menekankan Kualitas Data dan Informasi

Peringatan ini menggarisbawahi perlunya data dan informasi yang akurat, andal, dan berkualitas tinggi dalam pembangunan. Hal ini mendorong pemangku kepentingan untuk meningkatkan sistem pengumpulan data dan analisis yang lebih baik.

4. Mendorong Transparansi dan Akuntabilitas

Peringatan Hari Informasi Pembangunan mendukung transparansi dalam penggunaan sumber daya pembangunan dan akuntabilitas dalam pelaksanaan program-program pembangunan. Ini membantu dalam mengurangi risiko korupsi dan penyalahgunaan dana pembangunan.

5. Mempromosikan Kebijakan Berbasis Bukti

Data dan informasi mendukung pembuatan kebijakan yang didasarkan pada bukti empiris, bukan hanya pada asumsi atau pendapat subjektif. Hal ini membantu dalam merancang kebijakan yang lebih efektif.

Ilustrasi digital
Ilustrasi, Hari Informasi Pembangunan Sedunia (123rf)

6. Mengingatkan pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Peringatan Hari Informasi Pembangunan mengingatkan semua pemangku kepentingan tentang pentingnya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang telah ditetapkan oleh PBB, termasuk pengentasan kemiskinan, pendidikan berkualitas, kesehatan yang baik dan kesejahteraan, serta perlindungan lingkungan.

7. Mendorong Kolaborasi Global

Hari Informasi Pembangunan mempromosikan kerja sama internasional dalam pengumpulan dan pertukaran data dan informasi untuk mendukung pembangunan global yang berkelanjutan.

8. Meningkatkan Kualitas Keputusan

Dengan meningkatkan pemahaman tentang peran informasi dalam pembangunan, peringatan Hari ini bertujuan untuk memastikan bahwa keputusan yang diambil oleh pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, didasarkan pada data yang kuat.

Secara umum, peringatan Hari Informasi Pembangunan Sedunia adalah kesempatan untuk mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang peran informasi dalam pembangunan, meningkatkan partisipasi masyarakat, dan mendorong tindakan yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan secara global.

 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...