Dampak Serangan Israel, Rumah Sakit di Gaza Berhenti Total

Safrezi Fitra
25 Oktober 2023, 13:01
gaza, serangan israel, serangan israel ke rumah sakit di gaza, israel, perang israel, palestina, rumah sakit gaza, Rumah Sakit di Gaza Berhenti Total
Ashraf Amra/Reuters
Ilustrasi, sebuah gedung di Gaza hancur terkena serangan rudal Israel.

Sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Gaza, Palestina menjadi target serangan Israel dalam perang melawan kelompok militan Hamas. Dampaknya, rumah sakit-rumah sakit di wilayah tersebut hancur dan tidak mampu lagi menangani pasien korban konflik Israel-Hamas.

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza mengatakan bahwa perang Israel di wilayah kantong tersebut telah menyebabkan sistem kesehatan di rumah sakit di Jalur Gaza lumpuh. “Rumah sakit-rumah sakit di Gaza terhenti total akibat perang Israel,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan Ashraf al-Qudra dalam konferensi pers di Kota Gaza, seperti dikutip Antara dari Anadolu.

Dia mengatakan sebanyak 12 rumah sakit dan 32 pusat kesehatan terpaksa berhenti beroperasi karena bangunan hingga sarana dan prasarananya hancur. Bahkan, sekitar 65 petugas medis dan 25 ambulans hancur akibat sejumlah serangan Israel sejak 7 Oktober lalu.

“Kami khawatir akan ada banyak lagi (rumah sakit) yang akan berhenti beroperasi dalam beberapa jam mendatang karena kekurangan bahan bakar," katanya.

Al-Qudra melaporkan jumlah korban tewas dalam serangan Israel di Gaza kini bertambah menjadi 5.791 orang, sedangkan 16.297 lainnya luka-luka. Korbannya antara lain 2.360 anak-anak, 1.292 perempuan, dan 295 lansia. Dia menyebut 70 persen dari korban konflik Israel-Palestina di Gaza adalah anak-anak, perempuan, dan orang tua.

Al-Qudra juga mengatakan sekitar 1.550 orang dilaporkan terjebak di bawah reruntuhan, termasuk 870 anak-anak. Pendudukan Israel telah melakukan pembantaian terhadap keluarga-keluarga Palestina dalam beberapa jam terakhir yang menyebabkan 305 anak-anak, 173 wanita dan 78 lansia tewas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...