Presiden Xi Jinping: Fokus Cina Bukan untuk Geser Negara Superpower

Yuliawati
Oleh Yuliawati
18 November 2023, 13:44
Presiden China Xi Jinping ketika menghadiri KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Akbar Nugroho Gumay/nym.
Presiden China Xi Jinping ketika menghadiri KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).

Presiden Xi Jinping menyebut Cina akan fokus membangun untuk memperbaiki kehidupan masyarakatnya. Cina tidak berniat untuk menggeser posisi negara manapun, termasuk negara superpower seperti Amerika Serikat.

"Tujuan utama pembangunan Cina adalah untuk memperbaiki kehidupan rakyat, bukan untuk menggeser siapa pun," kata Presiden Xi Jinping dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-30 para pemimpin ekonomi APEC di San Fransisco, Amerika Serikat, dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri Cina, Sabtu (18/11).

Pernyataan ini setelah Rabu (15/11), Xi Jinping bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden selama empat jam. Usai pertemuan, Biden menyebut Xi sebagai diktator. "Ia adalah diktator karena mengendalikan negara komunis yang bentuk pemerintahannya benar-benar berbeda dengan kami," kata Biden dikutip dari Reuters.

Dalam pidato di KTT APEC itu, Xi JInping menjelaskan Cina mengejar modernisasi untuk tujuan membangun negara besar dan meremajakan negara di semua lini. "Saya siap bekerja sama dengan Anda untuk mencapai kesuksesan baru di Asia-Pasifik dan menyongsong '30 tahun emas' selanjutnya di kawasan," kata Presiden Xi.

Presiden Xi mengutip pepatah Cina kuno "Demi tujuan yang benar, saya akan terus maju, tidak gentar oleh ribuan orang yang menghalangi saya", ia pun mengajak anggota APEC untuk tetap berkomitmen dengan misi awal pendirian APEC.

"Kita harus menanggapi tuntutan zaman dan menghadapi tantangan global bersama-sama. Kita harus sepenuhnya mewujudkan Putrajaya Vision untuk membangun komunitas Asia-Pasifik yang terbuka, dinamis, tangguh dan damai demi kesejahteraan seluruh rakyat dan generasi mendatang," kata Presiden Xi.

Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden bertemu sehari sebelum kTT G20 di Bali, Senin (14/11)
Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden bertemu sehari sebelum kTT G20 di Bali, Senin (14/11) (AFP/NPR)

Presiden Xi Jinping mengajukan empat prinsip dalam kerja sama APEC:

1. Berkomitmen terhadap pembangunan yang didorong oleh inovasi. Artinya mengikuti tren kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), lebih proaktif mendorong pertukaran dan kerja sama dalam iptek dan tidak diskriminatif atas kemajuan iptek.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...