Biden: Jalur Gaza Kelak Harus Tetap Diperintah Otoritas Palestina

Agustiyanti
19 November 2023, 10:01
joe biden, jalur gaza, tepi barat
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/nym.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyatakan pemerintah Palestina pada akhirnya harus memerintah jalur Gaza dan Tepi Barat setelah perang antara Israel dan Hamas berakhir.

Presiden Joe Biden menyatakan pemerintah Palestina pada akhirnya harus memerintah jalur Gaza dan Tepi Barat setelah perang antara Israel dan Hamas berakhir. Biden sebelumnya menyebut upaya Israel menduduk Gaza adalah kesalahan besar.

“Saat kita berupaya mencapai perdamaian, Gaza dan Tepi Barat harus dipersatukan kembali di bawah satu struktur pemerintahan, yang pada akhirnya di bawah revitalisasi Otoritas Palestina, seiring kita semua berupaya menuju solusi dua negara,” kata Biden dalam artikel opini di Washington Post, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (19/11).

Biden menulis artikel opini di Washington Post untuk menjawab pertanyaan dunia terkait apa yang Amerika inginkan untuk Gaza setelah konflik selesai. Ia menekankan, tidak boleh ada pemindahan paksa warga Palestina dari Gaza, tidak boleh ada pendudukan kembali, tidak boleh ada pengepungan atau blokade, dan tidak boleh ada pengurangan wilayah. 

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mempermasalahkan rencana Biden agar Otoritas Palestina memerintah Gaza. “Saya pikir Palestina dalam bentuknya yang sekarang tidak mampu menerima tanggung jawab atas Gaza setelah kita berjuang dan melakukan semua ini, untuk menyerahkannya kepada mereka,” katanya pada konferensi pers di Tel Aviv.

Netanyahu sebelumnya mengatakan Israel harus mempertahankan “tanggung jawab militer secara keseluruhan” di Gaza di masa mendatang. Otoritas Palestina pernah memerintah Tepi Barat dan Gaza, tetapi digulingkan pada 2007 setelah perang saudara singkat dengan Hamas.

Biden juga mengatakan Amerika Serikat siap mengeluarkan larangan visa terhadap “ekstremis” yang menyerang warga sipil di Tepi Barat. Kekerasan yang dilakukan pemukim Israel terhadap warga Palestina yang tinggal di Tepi Barat yang diduduki Israel telah meningkat sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...