Kelompok Houthi Yaman Ancam Serang Seluruh Kapal Menuju Israel

Agustiyanti
10 Desember 2023, 16:17
Israel, houthi, gaza
ANTARA FOTO/REUTERS/Khaled Abdullah
Pengikut Houthi membawa senjata dengan stiker pendiri gerakan Houthi, Hussein Badruddin al-Houthi. Houthi mengancam akan menyerang semua kapal menuju Israel jika Gaza tak kunjung mendapat bantuan obat dan makanan.

Kelompok Houthi di Yaman memperingatkan akan menyerang semua kapal yang menuju ke Israel, apapun kewarganegaraan mereka jika Gaza tak  juga menerima bantuan makanan dan obat-obatan. Mereka memperingatkan agar semua perusahaan pelayaran internasional agar tidak berurusan dengan pelabuhan Israel.

Peringatan kelompok yang bersekutu dengan Iran ini meningkatkan risiko konflik regional di tengah perang brutal antara Israel dan kelompok militan Palestina, Hamas.

Memgutip Reuters, Kelompok Houthi telah menyerang dan menyita beberapa kapal yang terkait dengan Israel di Laut Merah dan selat Bab al-Mandab, jalur laut yang menjadi jalur pengiriman sebagian besar minyak dunia, dan menembakkan rudal balistik dan drone bersenjata ke arah Israel. Para pejabat Houthi mengatakan tindakan mereka adalah bentuk dukungan terhadap Palestina.

Israel mengatakan, serangan terhadap kapal adalah tindakan terorisme Iran yang mempunyai konsekuensi terhadap keamanan maritim internasional.

Seorang juru bicara militer Houthi mengatakan, semua kapal yang berlayar ke pelabuhan Israel dilarang memasuki Laut Merah dan Laut Arab.

“Jika Gaza tidak menerima makanan dan obat-obatan yang dibutuhkannya, semua kapal di Laut Merah yang menuju pelabuhan Israel, apapun kewarganegaraannya, akan menjadi sasaran angkatan bersenjata kami,” kata juru bicara Houthu dalam sebuah pernyataan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...