Dara Khosrowshahi, Sosok di Balik Transformasi Uber

Hari Widowati
22 Desember 2023, 12:25
Dara Khosrowshahi, Chief Executive Officer (CEO) Uber, mendapatkan penghargaan "CEO of The Year" dari Moby, platform riset dan investasi strategis di Amerika Serikat (AS).
Uber.com
Dara Khosrowshahi, Chief Executive Officer (CEO) Uber, mendapatkan penghargaan "CEO of The Year" dari Moby, platform riset dan investasi strategis di Amerika Serikat (AS).

Dara Khosrowshahi, Chief Executive Officer (CEO) Uber, mendapatkan penghargaan "CEO of The Year" dari Moby, platform riset dan investasi strategis di Amerika Serikat (AS). Moby menyebut Dara sebagai 'Legenda Korporasi Baru' karena berhasil membawa Uber masuk ke S&P 500 dalam waktu kurang dari enam tahun, setelah sebelumnya perusahaan itu hampir kolaps.

Uber memulai debutnya sebagai anggota Indeks S&P 500 pada 18 Desember lalu. "Dengan masuknya Uber ke dalam S&P 500 dan menjadi perusahaan yang menguntungkan, Anda harus memberikan pujian kepada CEO Uber Dara Khosrowshahi yang telah mengambil alih ketika seluruh model bisnis Uber pada dasarnya sedang kacau pada tahun 2017," tulis Moby dalam akun Instagram @moby.invest.

Setelah Pendiri Uber Travis Kalanick mundur secara spektakuler pada 2017, Dara menjadi kandidat kuda hitam untuk menyatukan semuanya. Mantan CEO Expedia ini secara dramatis mengamankan kemenangan tipis dalam pemungutan suara dewan direksi yang kontroversial, Uber dihantam penawaran tender pada tahun 2018 yang memangkas valuasi mereka lebih dari 20% menjadi US$54 miliar.

Moby menyebut Uber sepertinya tidak akan berhasil saat itu. Pada dasarnya seluruh rencana bisnis Kalanick bergantung pada peningkatan teknologi yang luar biasa yang akan membuat model Uber menjadi lebih menguntungkan.

Terlepas dari keraguan dan kekacauan, Dara berhasil menyatukan semua bagiannya dan membawa Uber menuju initial public offering (IPO) di Bursa AS pada 2019.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...