Tak Beda Jauh dari RI, Rerata Pendapatan Penduduk Cina Rp 85 Juta

Agustiyanti
17 Januari 2024, 15:31
ekonomi cina, pendapatan penduduk cina
ANTARA FOTO/Desca Lidya Natalia/Spt.
Aktivitas warga di jalan yang diselimuti salju di Kota Beijing, China, Kamis (13/12). Hujan salju yang turun sejak Rabu (13/12) dan diperkirakan masih akan terus terjadi menyebabkan pemerintah kota menutup semua sekolah dan menyarankan dunia usaha mengijinkan pekerjanya bekerja dari rumah.
Button AI Summarize

Pendapatan per kapita Cina mencapai 39.218 yuan atau setara Rp 85 juta pada 2023, naik 6,3% dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan pendapatan per kapita lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi seiring menurunnya populasi di ekonomi terbesar kedua dunia tersebut. 

Rata-rata pendapatan per kapita Cina tersebut tak berbeda jauh dari target pemerintah Indonesia pada tahun ini. World Economic Forum dalam laporan edisi Oktober 2023 memperkirakan, rata-rata pendapatan penduduk Indonesia mencapai US$ 5.100 atau setara Rp 79 juta per bulan.

Data Biro Statistik Nasional atau NBS menunjukkan, pendapatan per kapita Cina yang dapat dibelanjakan naik 6,1% setelah menyesuaikan faktor harga atau inflasi. NBS juga mencatat pendapatan per kapita penduduk pedesaan di Tiongkok tumbuh lebih cepat dibandingkan penduduk kota pada periode tersebut.

Pendapatan per kapita perkotaan mencapai 51.821 yuan, naik 5,1% secara nominal dan 4,8% secara riil. Sementara itu, pendapatan per kapita di daerah pedesaan mencapai 21.691 yuan, naik 7,7 % secara nominal dan 7,6% secara riil.

NBS mencatat, jumlah penduduk turun 2,08 juta orang pada 2023 dibanding tahun sebelumnya menjadi 1,409 miliar. Ini menandai krisis demografi yang semakin dalam di negara tersebut dan dikhawatirkan berimbas negatif pada ekonomi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...