Sekjen PBB Minta Amerika Dkk Tak Setop Bantuan UNRWA Palestina

Agustiyanti
2 Februari 2024, 07:52
sekjen pbb , palestina, gaza
ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Harviyan Perdana Putra/foc.
Sekjen Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres (kiri) menekankan pentingnya UNRWA untuk rakyat Palestina.
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menggambarkan badan pengungsi Palestina PBB (UNRWA) sebagai tulang punggung semua respons kemanusiaan di Gaza, Palestina. Ia mengimbau semua negara untuk menjamin kelangsungan upaya penyelamatan nyawa UNRWA di tengah aksi sejumlah negara yang menyetop bantuan ke lembaga tersebut. 

Amerika Serikat yang menjadi donor terbesar bagi Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina wilayah Timuruntuk sementara menghentikan pendanaannya bersama dengan beberapa negara lainnya. Penghentian bantuan dilakukan setelah Israel menuduh beberapa staf badan tersebut ikut serta dalam serangan 7 Oktober oleh Israel oleh militan Hamas.

​“Saya secara pribadi merasa ngeri dengan tuduhan-tuduhan ini,” kata Guterres kepada Komite Penerapan Hak-Hak Rakyat Palestina.

Ia bercerita telah bertemu dengan para donor untuk mendengarkan kekhawatiran mereka dan menguraikan langkah-langkah yang kami ambil untuk mengatasinya.

Tuduhan tersebut muncul ke publik pada Jumat (26/1) ketika UNRWA mengumumkan telah memecat beberapa stafnya setelah Israel memberikan informasi kepada badan tersebut. Guterres mengatakan pada Minggu (28/2) bahwa dari 12 orang yang terlibat, sembilan orang telah dipecat, satu orang tewas, dan identitas dua orang lainnya sedang diklarifikasi.

Pada pertemuan Dewan Keamanan PBB di Gaza pada hari Rabu, Kepala Bantuan PBB Martin Griffiths menekankan pentingnya UNRWA.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...