Daftar Negara yang Menerapkan Program Makan Siang Gratis di Sekolah

Safrezi Fitra
26 Februari 2024, 17:10
Daftar Negara yang Menerapkan Program Makan Siang Gratis di Sekolah
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Ilustrasi makan siang gratis untuk siswa sekolah
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai membahas program makan siang gratis untuk anak sekolah dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara pada Senin, 26 Februari 2024. Makan siang gratis merupakan program digaungkan oleh pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Kami membahas tentang program-program prioritas Pak Prabowo, termasuk di dalamnya adalah makan siang tahap awal,” kata Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia usai rapat tersebut di Kompleks Kepresidenan (26/2).

Dia mengatakan secara umum program-program prioritas Prabowo-Gibran itu sudah akan diakomodir. Ini masih pembahasan awal yang nantinya akan berlanjut pada pembahasan teknis dan anggaran (APBN) dalam rapat-rapat kabinet berikutnya. Sehingga, tahun depan program tersebut bisa langsung berjalan.

Sementara Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan program yang diusung oleh Prabowo-Gibran ini harus dikaji secara seksama, termasuk potensi defisit yang dapat terjadi terhadap APBN 2025.

Sebenarnya program makan siang gratis untuk siswa sekolah sudah banyak diterapkan di sejumlah negara. Program ini bertujuan untuk mendukung gizi sekaligus menjaga konsentrasi anak ketika belajar di sekolah. Makanya, menu yang disajikan pun harus bisa memenuhi kebutuhan gizi anak.

Program ini dinilai telah terbukti berhasil. Sejumlah negara maju melaporkan banyak peningkatan dari segi gizi dan sumber daya manusia. Berikut daftar negara dunia yang sudah menerapkan program makan siang gratis untuk anak sekolah:

Daftar Negara yang memberikan Makan Siang Gratis untuk Anak Sekolah

 Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan salah satu negara pertama yang menerapkan makan siang gratis bagi anak sekolah. Sebelum dijalankan pemerintah, program makan siang gratis di sekolah telah digagas oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM) pada akhir abad 19. Women's Educational and Industrial Union dan the Starr Center Association awalnya menerapkan program ini di dua kota, yakni Philadelphia dan Boston.

Program ini dilaporkan terbukti berdampak positif pada pertumbuhan anak dan mengajarkan anak kebiasaan makan yang sehat dan bijak. Seiring dengan mulai diterapkan wajib belajar, Pemerintah AS pun menjalankan dan meluaskan program ini ke wilayah lain, melalui kebijakan National School Lunch Act pada 1946, saat era pemerintahan Presiden Harry Truman. Pada tahun pertama penerapannya, program ini sudah menjangkau sebanyak 7,1 juta anak sekolah.

Menu makan siang anak sekolah di AS menyajikan aneka makanan yang beragam setiap harinya dan yang pasti disukai anak-anak sekolah pada umumnya. Pemberian menu makanan ini tetap memperhatikan gizi yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan anak.

Korea Selatan

Korea Selatan sudah menerapkan program makan siang sejak 1953. Program ini kemudian disahkan dalam Undang-Undang Makanan Sekolah pada tahun 1981. Pemerintah Korea Selatan mewajibkan setiap sekolah menyediakan makan siang bagi para siswa dengan makanan yang bergizi.

Cina

Cina tidak memberikan program makan siang gratis bagi semua anak sekolah. Pemerintah Cina hanya memberikan program ini untuk siswa sekolah di wilayah termiskin. Skema ini dilakukan agar tidak banyak anggaran yang keluar dan memudahkan pengawasan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...